Ads Top


Konser Terbesar Dunia, Michael Jackson Dan Jackson Family

Victory Tour merupakan tur konser terbesar dunia di Amerika Serikat dan Kanada, Michael Jackson dan The Jackson Family yang diselenggarakan antara Juli dan Desember 1984. Tur ini yang pertama dan satu-satunya enam saudara Jackson.  

Michael Joseph Jackson, artis yang lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, pada 29 Agustus 1958. Jackson meninggal di Los Angeles, California, pada 25 Juni 2009 yang saat itu berusia 50 tahun. King of Pop, gelar yang disandangnya yang memopulerkan gerakan dansa 'Moonwalk'. Album Thriller dianggap sebagai album terlaris di dunia dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Sebagai anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia memulai debut musik pada usia 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.

Konser Terbesar Michael Jackson


Siapa yang tak kenal Michael Jackson, album Triller merupakan salah satu terbesar dalam sejarah musik Pop dunia di era 80-an dan 90-an. Gaya dan modis Jackson dalam setiap konser mulai diminati selebriti lainnya, diantaranya Lady Gaga yang juga membeli beberapa pakaian yang paling terkenal dari lelang. Banyak artis bahkan sampai saat ini tidak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, tetapi Michael Jackson masih merajai sebagai Artis Terlaris sepanjang masa.

Konser Terbesar dunia, konser Michael Jackson

Data industri rekaman musik di Amerika mencatat, bahwa album Thriller tahun 2015 lalu merupakan album pertama yang disertifikasi platinum sebanyak 30 kali dan telah terjual 32 juta copy. Beberapa album artis lain juga menyusul ketenaran Thriller diantaranya album Eagles dan Billy Joe yang telah terjual masing-masing 29 juta dan 23 juta album. Era musik tahun 70-an hingga 90-an mendapat debut besar, mengingat digital online tidak seperti saat ini, setiap orang setidaknya harus memiliki piringan CD atau minimal pita kaset.

Menurut produsen album Thriller, karya ini mungkin akan menjadi instrumen yang paling spektakuler sepanjang musik pop Michael Jackson. Menurut mereka, pertunjukan di Madison Square Garden tahun 1988 merupakan sebuah show spektakuler, tak ada yang bisa menari selama 2 jam nonstop seperti Michael Jackson. Sosok artis yang mengenakan jaket payet sutra berkilauan, kemeja merah, putih dan biru, aksesoris yang pernah dikenakan sang super star kini berada di museum nasional Afrika. 

Jackson mengenakan potongan-potongan kostum yang gemerlapan di atas panggung ketika tur Victory tahun 1984 selama enam bulan. Tur ini juga menghadirkan konser bersama saudara-saudaranya yang menyanyikan album unggulan Jacksons. Michael Jackson mendominasi dunia musik pada waktu itu, tak satupun media luput dari pemberitaannya. Jaket berpayet yang digunakan pada saat itu merupakan desain Bill Whitten, juga sebagai desainer sarung tangan putih yang digunakan Michael Jackson. 

Setelah pertunjukan terakhir mereka yang berlangsung di Los Angeles 7-09 Desember, Jacksons mengumumkan bahwa tur Victory dihadiri 2,331,500 penonton dan menghasilkan pendapatan kotor sekitar 75 juta dollar. Setelah pertunjukan itu, album Victory meroket dan lebih dari 2 juta kopi terjual cepat setelah beberapa hari dirilis.

The Jacksons memang menghasilkan banyak uang dari tur Victory, terlebih didukung oleh promotor Don King. Michael menyumbangkan sebagian hasil konser ke beberapa badan amal. Ketika tur berlangsung, ketegangan antara Michael dan saudara-saudaranya memuncak. Jackson mengatakan di akhir acara bahwa tur ini merupakan terakhir kalinya mereka tampil bersama, mengakhiri rencana tur ke Eropa. Alasan ini yang membuat tur Victory menjadi bencana keuangan promotor Chuck Sullivan bersama dengan ayahnya Billy, akhirnya terpaksa menjual tim New England Patriots beserta Stadion Foxboro, sebagai akibat dari kerugian pembatalan konser.

Image: Victory Tour, Michael Jackson and Jackson Family

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.