Ads Top


Saoshyant, Juruselamat Dunia Keturunan Iran?

Dalam posting terdahulu, telah dijelaskan penggalan teks nubuat Zoroaster, dimana agama yang dibawanya berkembang di peradaban kuno sekitar abad ke-7 SM atau mungkin beberapa abad sebelumnya. Zoroaster mengajarkan bahwa sang Pencipta adalah Ahura Mazda atau disebut juga Ohrmazd, sementara Iran menyebutnya Mazdayasna. 

Kitab ini menyebutkan nubuat adanya siklus kosmik yang berlangsung selama 12,000 tahun dan setiap periode terbagi menjadi 3000 tahun. Menurut mereka, saat ini manusia berada di zaman kedua (Zaman Campuran) yang mengacu pada interaksi kebaikan dan kejahatan. Pengikut ajaran Zoroaster menunggu kelahiran Saoshyant, sang juruselamat yang akan membawa kebijakan lahir dari keturunan raja-raja Iran.

Perang Dunia Sebelum Kedatangan Sang Juruselamat


Sejarawan terus menggali bait demi bait yang tercantum dalam teks Zoroastran, Zand-i Vohuman Yasht, mengandung nubuat yang sangat panjang tentang hari kemudian, termasuk kedatangan sang juruselamat, Saoshyant. Penggalan teks ini tercantum dalam buku Sacred Books of the East, Volume 5, Oxford University Press, 1897, diterjemahkan oleh EW West, dimana teks ini berupa percakapan antara Zoroaster dan Sang Pencipta.
...Aku katakan kepadamu, Zartoster! Bahwa siapapun pada saat itu, segala permohonan tidak mampu menyelamatkan jiwa karena dia seolah-olah makanan dan jiwanya kelaparan dan ramping di neraka. Siapapun mengendalikan jiwa, tubuhnya lapar dan bersandar pada penderitaan dunia dan miskin, jiwanya hidup di surga '.
'Ohrmazd,... apakah ada orang-orang beragama yang memakai benang suci benang pada pinggangnya, dan merayakan ritual keagamaan dengan ranting suci? Dan apakah praktek keagamaan Khwetodas dilanjutkan keluarga mereka?
Ohrmazd berkata: Orang-orang terbaik yang memakai benang suci di pinggang dan merayakan ritual keagamaan dengan ranting suci, meskipun tidak dalam pemerintahan Raja Vishtasp. Barangsiapa dalam waktu yang membingungkan itu membaca Ita-Ad-Yazam dan satu Ashem-Vohu, dan telah belajar dengan hati, seolah-olah pada masa pemerintahan Raja Vishtasp merupakan Dvazdah-Homast dengan air suci. Dan dengan doa yang dipersembahkan, dan Gatha-himne dinyanyikan, seolah-olah seluruh ritual telah dibacakan, dan Gatha-himne dikuduskannya di masa pemerintahan Raja Vishtasp. Yang paling sempurna adalah orang yang tetap dalam agama yang baik dari Mazdayasnians dan terus mempraktekkan keagamaan Khwetodas dalam keluarganya.
Dalam sembilan ribu tahun Ku, manusia menjadi sangat bimbang dalam waktu yang membingungkan, karena dalam pemerintahan jahat Az-i Dahak dan Frasiyav dalam perjalanan umat manusia, di saat-saat membingungkan, yang kehidupannya lebih baik dan lebih banyak, gangguan mereka akan Ahriman dan setan-setan berkurang. Karena dalam pemerintahan mereka yang jahat, di negara-negara Iran, tidak ada tujuh kota yang sepi karena mereka saat itu berada di akhir milenium! Untuk semua kota-kota Iran akan dibajak oleh kuku kuda mereka, dan spanduk mereka akan mencapai Padashkhvargar, dan mereka akan membawa kedaulatan pada agama yang kuperintahkan dari sana! Kehancuran mereka berasal dari tempat itu, ini adalah apa yang Ku nubuatkan.
Barangsiapa dari mereka yang mengikuti dengan hormat kepada kebaikan, melakukan banyak ibadah kepada Ohrmazd, menyadarinya melalui kebenaran sebagai remunerasi dan penghargaan dari tugas dan pekerjaan yang baik, dan jemaat pria dan wanita, malaikat, mereka baik dimata Ku.
Zartosht bertanya kembali: "Ohrmazd, manakah salah satu yang benar dari mereka yang mengembalikan agama Mazdayasnians, dan dengan cara apa mereka akan menghancurkan setan berrambut acak-acakan? Hai Sang Pencipta, Berilah aku kematian karena mereka tidak bisa hidup dalam waktu yang membingungkan! Mereka mungkin tidak mempersiapkan kejahatan dan jalan ke neraka."
Ohrmazd berkata: "Hai Zartosht, setelah kedaulatan yang menandai orang-orang dari ras rendah tak lain adalah iblis, mereka Shedaspih dari Kilisyakih, dari negara-negara Salman. Ketika gejala kedatangan mereka muncul karena mereka maju, matahari dan menunjukkan tanda-tanda gelap dan bulan menjadi nyata dari berbagai warna, gempa bumi dan angin datang lebih keras. Keinginan duniawi, kesusahan, dan ketidaknyamanan datang seketika. 'Mercury dan Jupiter' memajukan kedaulatan untuk berbuat keji, mereka berjumlah ratusan, ribuan bahkan jutaan.
Karena seseorang akan menyelamatkan hidupnya sendiri, dia kemudian tidak ingat istri, anak, dan kekayaan, dan mereka tidak bisa hidup dalam waktu yang membingungkan. Namun hari ketika musim dingin keseratus akan menjadi akhir milenium Mu, tidak akan ada orang jahat bisa menghindar dari akhir milenium ini.

Kelahiran Juruselamat Dunia 


Zartosht bertanya kepada Ohrmazd: 'Ohrmazd, sang Pencipta dunia, ketika mereka begitu banyak jumlahnya, dengan cara apa mereka akan binasa?'
Ketika iblis dengan rambut acak-acakan dari ras murka datang ke kuartal timur, tanda hitam menjadi nyata, dan Aushedar bin Zartosht lahir di Danau Frazdan ke arah Chinistan, lahir seorang pangeran dari ras Kayanian, mendekati perempuan, dia adalah Warharan Varjavand. Shahpur, tanda-tanda yang mungkin terlihat di bumi, disaat malam ketika pangeran yang lahir maka bintang jatuh dari langit. Pada bulan Aban dan hari Vad adalah hari akhir ayahnya, mereka berada dibelakangnya dengan dukungan raja dan seorang wanita menjadi penguasa.
Pangeran itu berumur 30 tahun dilengkapi dengan bendera dan tentara gelap, Hindu dan Chini, setelah bendera mereka berdiri dan memiliki senjata dan meluas sejauh sungai Veh, sejauh Bukhar dan Bukharans. Ketika bintang Jupiter muncul di titik puncaknya dan Venus dibawahnya, kedaulatan datang kepada raja. Tak terhitung kemenangannya, dilengkapi dengan lengan dan bendera, beberapa mengatakan dari Sagastan, Pars, dan Khurasan, beberapa mengatakan dari danau Padashkhvargar, beberapa mengatakan dari Hiratis dan Kohistan, beberapa mengatakan dari Taparistan.
Spanduk yang dibawa dan sangat banyak tentara, pria bersenjata, unggul, dan tentara dari negara-negara Iran di Padashkhvargar mengisyaratkan bahwa mereka akan membunuh lebih banyak, dalam persahabatan dan dibawah bendera yang sama pada negara-negara Iran.
Dukungan dari negara Iran merupakan tentara yang tak terhitung dari timur, bahwa bendera mereka berkulit harimau dan melambai bagai katun putih, pasukan tak terhitung jumlahnya. Dan mereka naik untuk mengintai-lubang setan, mereka akan membunuh hingga seribu perempuan setelah bisa melihat dan mencium.
Ketika itu adalah akhir waktu,... Zartoster, musuh-musuh akan banyak yang hancur bagai akar semak ketika berada di malam musim dingin tiba, dan bagai daun di malam , mereka akan mengembalikan negara-negara Iran. Dan roh jahat berkeliaran dengan ras hina dari setan dan murka, dan datang kepada pedukung bantuan dari setan yang murka.
Teks Bundahishn tentang Penciptaan, juga dikenal sebagai Zand-Agahih, (Pengetahuan dari Zand) termasuk sebuah nubuat apokaliptik. Buku ini menyatakan bahwa pada milenium pertama kepemimpinan Saoshyant Hoshedarmah, manusia akan berhenti makan daging, maka susu, maka sayuran, maka air, sampai mereka berhenti makan sama sekali selama sepuluh tahun sebelum ia memanifestasikannya. 

Juruselamat Dunia

Selama hidupnya, Ahura-Mazda akan membangkitkan orang mati selama periode 57 tahun. Kemudian penghakiman terakhir akan diselenggarakan oleh Sadvastaran (Hakim Yang Benar) yang akan memisahkan kebaikan dan kejahatan. Jiwa-jiwa orang yang benar akan masuk surga, dan orang jahat akan masuk neraka selama tiga hari. Kemudian sebuah komet besar bernama Gochihr akan menyerang planet, dan panas yang dihasilkan akan mencairkan logam Sharewar.

Dalam peperangan terakhir antara kebaikan dan kejahatan, kebakaran dan kematian akan berputar-putar diatas segalanya, dimana setiap orang akan harus melewati lava mendidih. Bagi orang-orang yang berlaku adil dan benar, lava akan menjadi hangat seperti susu, tetapi untuk orang yang berbuat kejahatan, akan terasa mendidih dan fatal. Kemudian seluruh umat manusia akan bersatu kembali, dan semua akan menerima obat mujarab yang akan memberi mereka keabadian. Pada akhirnya, Ahura-Mazda akan mengalahkan kejahatan Anghra Mainyu.

Dalam Bab 9 dari Jamasp Namak (The Book of Jamasp) menceritakan tanda-tanda zaman Raja Vishtasp, disebutkan:
  1. Peramal Jamasp mengatakan kepadanya bahwa ketika akan memasuki periode Aushedar, beberapa tanda tertentu akan muncul. 
  2. Bahwa malam akan lebih cerah. 
  3. Haptoiring (bintang di konstelasi Beruang) akan meninggalkan tempatnya dan akan berubah ke arah Khorasan. 
  4. Hubungan manusia antara satu dengan yang lain akan menjadi besar. 
  5. Pelanggaran iman, mereka yang melakukannya pada saat itu akan lebih cepat dan keberhasilan lebih besar. 
  6. Manusia akan lebih kuat. 
  7. Orang-orang fasik akan berbudi luhur. 
  8. Drujs (kekuatan jahat) akan lebih menindas. 
  9. Sihir dan trik yang mereka akan ditunjukkan disaat-saat itu dan akan sangat buruk. 
  10. Makhluk berbahaya seperti harimau, serigala, dan empat binatang bercakar akan sangat merugikan. 
  11. Manusia salah informasi akan melakukan penindasan besar pada agama Dasturs.
  12. Pencorengan pada agama Dasturs akan melanggar hukum, mereka akan mengambil harta dengan paksa dan akan berbicara atas nama kejahatan orang-orang yang dirampas. 
  13. Hembusan angin musim panas dan musim dingin tidak akan berguna. 
  14. Kasih sayang untuk 'kesenangan' akan lazim, sudah menjadi tradisi. 
  15. Mereka yang menjadi busur pada saat itu akan mencapai kematian lebih dengan cara yang menyedihkan pada waktunya. 
  16. Orang-orang terhormat meskipun posisi kehormatan dianggap penting, akan banyak melakukan ketidak jujuran, tidak adil, dan bukti palsu. Kematian, kesombongan, dan kekuatan akan mejangkau semua negara, kemudian akan datang Dastur dunia, seorang utusan akan membersihkan seluruh negeri. 
  17. Dua gua yang berada di Seistan akan hancur dan air laut akan menghanyutkan kota-kota dan seluruh Seistan dipenuhi air.

Sementara itu, Zend Avesta (Favardin Yast 13: 129) menyebutkan tentang kedatangan juruselamat Dunia: "Dia akan menang sepenuhnya dengan nama dan sebagai pengubah Dunia, Dia akan bermanfaat bagi seluruh dunia, karena dia akan membentuk keadaan baru dimana dunia bisa dihancurkan. Dia akan menentang kejahatan keturunan tersebut dan menahan permusuhan yang dihasilkan oleh umat beriman."
Ketika seribu dua ratus dan beberapa tahun telah berlalu dari dimulainya agama Arab dan penggulingan kerajaan Iran, dan degradasi pengikut agama-ku, keturunan raja-raja Iran akan dibangkitkan kembali sebagai Nabi. 

Referensi


Sacred Books of the East, volume 5, Oxford University Press, 1897; translated by E W West. The Last Judgement by Jean Cousin 1522–1595, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.