Ads Top


Ditemukan, Lukisan Isa Abad Ke-7 Masehi Di Oxyrhynchus, Mesir

Baru-baru ini, arkeolog asal Spanyol dan Perancis yang menggali di kota Oxyrhynchus, Mesir kuno telah menemukan salah satu lukisan Isa awal yang dikenal umat Nasrani sebagai Yesus Kristus atau Isa dalam literatur Islam. Lukisan Isa yang ditemukan tergambar diatas sebuah struktur batu kuno yang tertimbun dibawah tanah.

Situs Oxyrhynchus berada di Mesir yang terletak sekitar 160 km di selatan barat daya Kairo. Penggalian arkeologi dipimpin oleh Prof Josep Padro dari University of Barcelona, dimana mereka menemukan struktur batu bawah tanah yang berasal dari abad ke-6 hingga ke-7 Masehi. Struktur batu lukisan Isa berukuran panjang 8 meter panjang dan 3,75 meter dan bisa dianggap menjadi salah satu lukisan paling awal yang menggambarkan sosok Isa.

Temuan Lukisan Nabi Isa Di Situs Oxyrhynchus


Kota Oxyrhynchus (Yunani-Romawi) dikelilingi dinding benteng yang saat ini masih bisa ditemukan disisi barat kota yang menghadap padang pasir. Dinding kota terbuat dari bata lumpur telah hilang di utara dan selatan, disisi timur, tengara merupakan tempat paling penting sebagai gerbang monumental, ukiran Firaun yang berdiri di antara kota El-Bahnasa dan Bahr Yussef. 

Lukisan Isa, Oxyrhynchus, Mesir

Kota Oxyrhynchus secara keseluruhan telah diukur sepanjang 2 kilometer di utara dan selatan sepanjang 1,5 kilometer. Penduduk situs Oxyrhynchus Mesir kuno diperkirakan berpotensi 30,000 jiwa. Selama periode Romawi di Mesir, kota Oxyrhynchus berkembang besar dan dinding benteng tertutup serta serangkaian lingkungan diubah menjadi makam kerajaan pusat yang disebut Upper Necropolis. Sebuah kuil yang besar dibangun mungkin di dedikasikan untuk Serapis berada ditengah Upper Necropolis dan pasar yang cukup besar juga berdiri di depannya. 

Pada periode Kristen pendudukan Bizantium, beberapa biara dibangun di luar tembok kota. Temuan ini berasal dari teks Yunani kontemporer dan telah terbukti dalam penggalian yang menemukan sebuah villa besar ke arah barat laut terdapat mimbar pidato Kristen Koptik di dekatnya. 
Ruangan bawah tanah yang ditemukan dalam penggalian situs Oxyrhynchus diduga berasal ari abad ke-6 Masehi memegang gambar seorang pria muda dengan rambut keriting. Sosok Isa yang digambarkan mengenakan Tunik pendek dan dengan tangan terangkat seolah-olah memberi berkat.
Disisi lain, tim arkeolog juga menemukan makam seorang juru tulis dalam penggalian situs Oxyrhynchus. Situs arkeologi Oxyrhynchus juga dikenal menyimpan ribuan papirus kuno, arkeolog juga menemukan peralatan kerja termasuk wadah tinta yang masih penuh tinta dan dua pena yang telah digunakan untuk menulis, atau mungkin juga membuat lukisan nabi Isa.

Sayangnya, tidak ada prasasti kota Oxyrhynchus yang mengacu pada penjelasan lebih lanjut tentang identitas penulis. Tetapi bukti lukisan Isa pada batu kuno tetap menunjukkan bahwa saat itu Isa telah berusia 17 tahun dan tinggal selama periode Romawi Koptik.

Referensi


University of Barcelona, May 2014. Mysterious underground structure at Oxyrhynchus, earliest paintings of Jesus Christ, image courtesy of University of Barcelona.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.