Ads Top


Generator Listrik Terbaru Mampu Tingkatkan 30 Persen Energi

Ditengah-tengah kebutuhan listrik meningkat, ilmuwan terus berupaya mencari jalan keluar bagi industri yang masih menggunakan teknologi generator listrik. Proyek Magnetide merupakan pengembangan generator jenis baru yang mengubah energi mekanik yang dihasilkan gerakan pasang surut menjadi energi listrik, misalnya pada generator tenaga angin dan air.

Para ilmuwan memodifikasi desain generator listrik sehingga komponen yang diproduksi bisa menerapkan instalasi Powder Injection Moulding (PIM). Teknologi ini akan mengurangi biaya sistem dan meningkatkan efisiensi tenaga listrik hingga 30 persen. Konsumen nantinya akan mendapatkan modifikasi fleksibel dan suku cadang dengan harga yang lebih rendah.

Powder Injection Moulding Tingkatkan Energi Generator Listrik Masa Depan


Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Jose Manuel Torralba dari University's Powder Technology Research Group (Grupo de Tecnología de Polvos -GTP) sekaligus berpartisipasi dalam proyek UC3M. Hasil analis dipublikasikan pada International Journal of Microstructure and Materials Properties, Maret 2013.

Dengan adanya teknologi Powder Injection Moulding telah membuktikan adanya teknologi listrik alternatif nyata dalam pembuatan bagian kompleks dengan tingkat produksi tinggi pada magnetik generator listrik. Ilmuwan menggambarkan tahapan-tahapan yang berbeda dalam proses manufaktur dan solusi yang telah diberikan sehubungan dengan sistem terapan Powder Technology Group.

Teknologi Generator Listrik

Skilas tentang Powder Injection Moulding (PIM) adalah teknologi bubuk metalurgi canggih yang menggabungkang keunggulan dari cetakan injeksi plastik dan teknologi bubuk. Teknologi ini mirip dengan pembuatan roti dalam oven, analisis yang diterapkan bahwa paduan serbuk logam yang terpanggang dalam cetakan akan memproduksi komponen dalam generator listrik secara 'milimetrically' atau sangat tepat.
Ilmuwan mempelajari kombinasi terbaik dari bubuk logam dengan karakter magnetik (besi, silikon, kobalt, nikel) yang nantinya akan di-injeksi-kan kedalam cetakan plastik polimer. Tehnik ini akan memungkinkan bubuk logam menciptakan bagian-bagian kompleks yang sulit dan mahal untuk menghasilkan energi mekanis pada generator listrik.
Menurut profesor Torralba, salah satu keuntungan teknologi PIM bahwa pengguna merancang materi dengan modifikasi cetakan, mudah diproduksi hingga jutaan potongan yang sama persis dengan cara sederhana, cepat dan cukup murah. Ilmuwan berharap proyek ini akan selesai tahun depan, mereka akan memiliki prototipe pertama generator listrik mengusung teknologi Power Injection Moulding.

Teknologi Power Injection Moulding dapat digunakan pada generator listrik tenaga angin dan sumber energi alternatif lainnya, seperti air dan panas bumi. Bisa juga digunakan di daerah yang terdapat arus pasang surut seperti pantai barat Kanada, pantai barat Asia Tenggara, Australia, Spanyol dan pantai Selat Gibraltar.

Referensi


New magnetic materials for extracting energy from tides cuadrito, March 2014, by Universidad Carlos III de Madrid - Oficina de Información Científica. Journal Ref: Powder injection moulding: processing of small parts of complex shape. International Journal of Microstructure and Materials Properties, 2013.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.