Ads Top


Objek Tangan Tuhan Tertangkap Teleskop NuSTAR NASA

Pemandangan luar angkasa semakin menakjubkan dengan semakin bertambahnya koleksi teleskop berupa gambaran sisa-sisa energi bintang mati yang mirip dengan "Tangan Tuhan". Didalam sisa-sisa energi dari bintang mati tersebut juga terdapat lubang hitam dan diselimuti debu sehingga gambaran itu sangat indah.

Sudut pandang yang diambil dari Nuclear Spectroscopic Telescope Array NASA (NuSTAR) telah mengabadikan benda jauh yang diselimuti debu, dengan menggunakan sinar-X energi tertinggi menghasilkan gambaran mirip tangang Tuhan. NuSTAR awalnya diluncurkan ke luar angkasa 13 Juni 2012 sebagai salah satu projek yang mengemban misi eksplorasi alam semesta menggunakan sinar-X energi tinggi. Projek ini guna mengamati fenomena lubang hitam, ledakan bintang dan benda angkasa yang mati secara ekstrim di berbagai galaksi.

Teleskop NuSTAR Ungkap Foto Tangan Tuhan


NuSTAR merupakan teknologi sinar-X berbasis teleskop untuk memfokuskan sinar-X energi tinggi pada sumber astrofisika. NuSTAR merupakan misi ke-11 yang di luncurkan NASA (Smex-11) dan merupakan yang pertama dalam pencitraan teleskop X-Ray berbasis energi. Tujuan utama dalam hal ilmiah untuk melalkukan survey mendalam pada lubang hitam yang 1 miliar kali lebih besar dari matahari. Selain itu, teleskop ini juga mampu memahami bagaimana partikel dipercepat dalam sepersekian persen dibawah kecepatan cahaya galaksi aktif, dan memahami unsur yang diciptakan dalam ledakan bintang masif serta pencitraan sisa supernova.

Sistem laser metrologi digunakan untuk menentukan posisi relatif dari optik dan bidang fokus sepanjang waktu, sehingga setiap foton yang terdeteksi dapat dipetakan kembali ke titik yang benar, bahkan jika optik bergerak relatif terhadap satu sama lain selama eksposur. Masing-masing optik terdiri dari 133 cangkang konsentris, dimana setiap cangkang lensa dilapisi dengan material tipis atom High dan Low density (multilayer). NuSTAR memiliki 4680 segmen cermin meliputi lima pengatur jarak persegmen, saat pembuatan dibutuhkan empat bulan untuk membuat satu optik.

tangan Tuhan, NuSTAR

Gambar tangan Tuhan menunjukkan adanya nebula berjarak sekitar 17000 tahun cahaya, objek tersebut berasal dari bintang mati yang disebut PSR B1509-58. Bintang mati kini sebagai pulsar merupakan inti dari sebuah bintang yang meledak, fenomena supernova unik yang tertanggkap teleskop memiliki diamater pulsar sekitar 19 kilometer. Tetapi energi pulsar itu sangat besar, mampu berputar tujuh kali setiap detik yang memuntahkan partikel menjadi materi halus selama proses kematian bintang.
Partikel ini berinteraksi dengan medan magnet di sekitar materi yang dimuntahkan sehingga menyebabkan bersinar, membentuk awan angkasa seperti telapak tangan terbuka. Astronom menyebut fenomena ini sebagai 'Tangan Tuhan', sebuah misteri dan jarang sulit ditemukan dalam bentuk nebula.
Salah satu tanda tanya yang masih terus di selidiki adalah nebula angin pulsar, apakah partikel pulsar berinteraksi dengan materi dengan cara tertentu sehingga membuatnya terlihat seperti tangan Tuhan. Tim peneliti sampai saat ini masih belum mengetahui kepastiannya, apakah bentuk tangan tersebut merupakan ilusi optik atau tidak. Menurut Hongjun An dari McGill University Kanada, peralatan canggih yang dibawa NuSTAR mampu menggambarkan tangan Tuhan yang memberikan beberapa petunjuk ilmiah.

Selain itu, NuSTAR juga mengabadikan gambar lubang hitam supermasif yang terletak antara 3 dan 10 miliar tahun cahaya. Setiap titik lubang hitam kecil dan rakus di pusat galaksi, lubang ini menyerap semua materi yang berada disekitar disk. Sementara Obsrvator Chandra NASA dan teleskop lainnya mengidentifikasi banyak lubang hitam, ada juga yang besar dikaburkan dalam gas dan debu yang lebih tinggi. Fenomena ini justru menambah pemahaman kepada astronom, dimana mereka mendapatkan kesempatan meneliti lubang hitam yang berkembang di masa lalu dan interaksi terhadap galaksi. 

Referensi


Dead Star and Distant Black Holes Dazzle in X-Rays, Publish 09 January 2014 by NASA/Jet Propulsion Lab.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.