Ads Top

Simbol Dasar Feng Shui - Pa Kua, Kemakmuran Dan Keberuntungan


Pa Kua digunakan sebagai simbol dasar Feng Shui yang telah dikenal peradaban timur sejak ribuan tahun yang lalu. Di era teknologi saat ini, banyak orang mulai mempelajari kembali bagaimana cara mendapatkan energi disekitar daerah rumah dan kantor dengan tujuan positif. Feng Shui dianggap sangat berkaitan dengan menciptakan keseimbangan, selain menetralisir energi negatif juga berfungsi untuk mengaktifkan aliran energi positif.

Sebuah alat yang paling penting digunakan dalam praktek Feng Shui disebut Pa Kua. Bentuk simbol ini hampir mirip dengan bintang segi delapan (Rub El Hizb) yang mempunyai delapan titik mata angin. Simbol Pa Kua digunakan dalam menentukan keberuntungan untuk sebuah rumah ataupun ruang kantor. Asal usul simbol ini dari I Ching, yang terbagi menjadi delapan bagian. Selain arah, setiap bagian menunjukkan Trigram I Ching, atau signifikansi elemen yang berkuasa dan aspirasi hidup.

Simbol Dasar Feng Shui, Pa Kua

Simbol Dasar Feng Shui, Pa Kua


Pa Kua atau dalam bahasa Cina disebut Bagua, yang artinya 'delapan simbol (delapan Trigram)' digunakan dalam kosmologi Taois untuk mewakili prinsip-prinsip dasar realitas. Simbol ini terlihat sebagai delapan konsep yang saling terkait satu sama lain. Setiap simbol terdiri dari tiga baris, setiap baris baik tidak terputus yang masing-masing mewakili Yin atau Yang. Struktur Triparti didalamnya juga disebut sebagai Trigram.

Trigram terkait dengan filosofi Taiji, Taijiquan dan Wu Xing, ataupun disebut 'Lima elemen'. Hubungan antara Trigram diwakili dalam dua pengaturan, yaitu 'Primordial' yang merupakan Awal Surga, 'Fu Xi' bagua yang mewujudkan Surga Selanjutnya, dan 'Raja Wen' bagua. Trigram ini memiliki korespondensi dalam astronomi, astrologi, geografi, geomansi, anatomi, keluarga, dan tempat lain. Dalam sejarah Cina klasik kuno, I Ching (Yi Jing), Trigram terdiri dari 64 permutasi berpasangan yang disebut sebagai Heksagram.

Dalam kisah lain menceritakan Raja Wen dari Dinasti Zhou menyebutkan; "Ketika dunia terbentuk, ada langit dan bumi. Surga dikawinkan dengan bumi dan melahirkan segala sesuatu di dunia. Surga adalah Qian-gua, dan Bumi adalah Kun-gua. Enam 'Gua' merupakan putra dan putri mereka."

Trigram sebagai simbol dasar Feng Shui dikaitkan dengan lima unsur Wu Xing yang digunakan oleh praktisi Feng Shui dan dalam Pengobatan Tradisional Cina. Kelima elemen tersebut adalah Air, Kayu, Api, Bumi dan Logam. Trigram pertama meliputi Air (Kan) dan Api (Li), Trigram kedua merupakan unsur Bumi (Kun) dan Gunung (Gen). Trigram ketiga meliputi unsur Kayu termasuk kedalam trigram Angin (Xun) yang merupakan kekuatan lembut tapi tak terhindarkan, dan Guntur (Zhen). Dan unsur Logam sesuai dengan trigram Surga (Qian) dan Danau (Dui).

Penggunaan Simbol Dasar Feng Shui - Pa Kua


Menurut catatan sejarah, bagian dari simbol dasar Feng Shui Pa Kua sesuai dengan karir, pendidikan, hubungan dan kesehatan, kekayaan dan kemakmuran, ketenaran dan pengakuan, pernikahan, anak-anak, mentor dan teman-teman. Dengan meningkatkan titik tertentu atau ruang kerja, seseorang dapat menciptakan efek positif terkait kehidupannya. Sesuai dengan bentuk dan fungsinya yang berkaitan dengan arah mata angin, setidaknya untuk menggunakan simbol Pa Kua memerlukan kompas untuk mengukur ketepatan. Setiap sektor diidentifikasi menggunakan simbol untuk menarik energi positif ke daerah itu. Berikut arti dan maksud simbol Pa Kua yang digunakan dalam dasar Feng Shui:

Arah Utara, berkaitan dengan Karier
Elemen yang digunakan: Air
Simbol yang digunakan: Ikan, bentang laut atau benda yang mewakili air. Simbol kesuksesan pribadi juga dapat ditempatkan di titik ini.
Warna: Warna gelap; termasuk hitam dan biru gelap.

Arah Timur Laut, berkaitan dengan Pendidikan
Elemen yang digunakan: Sedikit berkaitan dengan Bumi, Angin
Simbol yang digunakan: Simbol pendidikan personal termasuk sertifikat, plakat, penghargaan. Patung guru atau pendidik klasik, lukisan atau gambar dari pegunungan, pemandangan, dan lainnya.
Warna: Hitam, biru dan hijau

Arah Timur, berkaitan dengan keluarga dan kesehatan
Elemen yang digunakan: Kayu
Simbol yang digunakan: Tanaman yang sehat dan bunga segar, furniture dan dekorasi yang terbuat dari kayu. Simbol kesehatan dan momentos atau penghargaan atletik.
Warna: Biru dan hijau

Arah Tenggara, berkaitan dengan kekayaan dan kemakmuran
Elemen yang digunakan: Sedikit berkaitan dengan Kayu, Gunung
Simbol yang digunakan: Simbol kekayaan seperti koin, emas atau perak benda, dan lainnya. Sebuah akuarium kecil dengan ikan mas, tanaman sehat dan bunga-bunga segar, terutama berkaitan dengan warna.
Warna: Merah, ungu dan biru.

Arah Selatan, berkaitan dengan Kinerja
Elemen yang digunakan: Api
Simbol yang digunakan: Bulu, kulit. Juga merupakan simbol ketenaran terkait piala, penghargaan, dan lainnya, lampu terang atau lilin beraroma.
Warna: Merah dan seluruh warna terkait merah

Arah Barat Daya, berkaitan dengan pernikahan
Elemen yang digunakan: Bumi
Simbol yang digunakan: Mawar, item dekoratif vas bunga, lilin, lampu, kristal, simbol dari cinta termasuk hati, merpati, lukisan dari kekasih atau pasangan, dan lainnya.
Warna: Merah, pink dan putih

Arah Barat, berkaitan dengan anak-anak dan kreatifitas
Elemen yang digunakan: Logam
Simbol yang digunakan: Aksesoris yang terbuat dari logam seperti kuningan, baja, timah, emas, tembaga. Item yang memiliki hubungan pribadi untuk anak-anak dan kreativitas. Lukisan dan tokoh anak-anak, perlengkapan atau item yang menginspirasi kreativitas Anda.
Warna: Putih dan warna pastel

Arah Barat Laut, berkaitan dengan mentor dan teman pembantu/sahabat
Elemen yang digunakan: Logam
Simbol yang digunakan: Lonceng angin, bunga segar, lukisan atau gambar bermakna spiritual seperti Kristus, malaikat, Buddha, dan lainnya, atau benda/sosok yang memiliki makna spiritual, foto seseorang yang membantu atau mentor dalam hidup.
Warna: Putih, abu-abu dan hitam

Berdasarkan simbol dasar Feng Shui yang mengungkap energi Pa Kua, setiap orang bisa melakukannya sendiri berdasarkan kebutuhan pribadi ataupun kelompok. Beberapa item yang ditempatkan dengan benar dipercaya dapat membuat perubahan besar dalam kehidupan. Pandangan ini berdasarkan bahwa semua kehidupan berhadapan dengan prinsip keseimbangan, dan jangan berlebihan. Apabila terlalu banyak elemen air, Anda bisa tenggelam atau dihancurkan oleh elemen gunung. 

Referensi

  • The I Ching or Book of Changes, by Wilhelm, Richard (1950). Translated by Cary F. Baynes, forward by C. G. Jung, preface to 3rd ed. by Hellmut Wilhelm (1967). Princeton, NJ: Princeton University Press.
  • Roots of Chinese culture and medicine Chinese Culture Books Co, by TSUEI, Wei (1989).
  • Fuxi "Earlier Heaven" bagua arrangement, image courtesy of Wikimedia commons.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.