Ads Top

Planet Ke Sembilan Penyebab Kehancuran Sistem Surya?


Dalam studi yang dilakukan University of Warwick baru-baru ini, mkenyebutkan bahwa tata surya bisa mengalami kehancuran, matahari mati jika keberadaan Planet ke sembilan benar-benar ada. Dr Dimitri Veras menyatakan bahwa kehadiran Planet ke Sembilan, planet hipotetis mungkin berada di luar Tata Surya. Planet ini bisa menyebabkan kehancuran bagi salah satu planet raksasa setelah matahari mati. Planet ini akan terlempar ke luar jalur, seperti efek pada permainan Pinball.

Planet Ke Sembilan

Diperkirakan matahari mulai mati sekitar tujuh miliar tahun, tragedi ini akan menerbangkan setengah massa matahari dan mengembang sendiri, termasuk menelan Bumi, sebelum akhirnya memudar menjadi bara yang dikenal sebagai White Dwarf. Proses 'mass ejection' akan mendorong planet-planet seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, diasumsikan berada di jarak yang aman.

Sistem Surya Dihancurkan Planet Ke Sembilan


Tetapi keberadaan Planet ke Sembilan bisa membuat planet yang berada di titik aman ikut terancam. Karena planet ini mungkin tidak terdorong keluar dengan cara yang sama seperti planet lainnya. Planet ke Sembilan akan tertarik ke dalam bersama planet raksasa di tata surya, terutama Uranus dan Neptunus. Fenomena ini akan mengakhiri sistem sistem surya selamanya.

Dr Veras bersama tim ilmuwan yang di pimpinnya menggunakan kode unik yang dapat mensimulasikan kematian sistem planet. Dia telah memetakan berbagai posisi berbeda, dimana Planet ke Sembilan bisa mengubah kisah kematian tata surya kita. Lebih jauh lagi, penelitian menerangkan bahwa semakin tinggi kemungkinan tata surya akan mengalami kekerasan, bencana teramat dahsyat.

Studi ini juga menjelaskan arsitektur planet di sistem tata surya yang berbeda. Hampir setengah dari katai putih yang ada akan berisi batu, merupakan puing-puing yang disebabkan bencana sistem lain. Keberadaan planet terluar di sistem itu akan menyebabkan hal yang sama seperti tata surya kita, mengakibatkan kehancuran sistemnya sendiri.

Akibat bencana yang akan di timbulkan jika ini terjadi, kematian matahari di masa depan bisa menjelaskan evolusi sistem planet lain. Dr Veras menjelaskan bahwa Planet ke Sembilan dapat menciptakan planet masif yang jauh fundamental. Bisa mengubah nasib tata surya, khususnya Uranus dan Neptunus mungkin tidak lagi aman dari pergolakan kematian Matahari. Tata surya akan tergantung pada massa dan orbital sifat Planet ke Sembilan, jika planet ini benar-benar ada.

Referensi


Planet Nine could spell doom for solar system, by University of Warwick, August 30, 2016.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.