Ads Top

Mitologi Simbol Petir, Ledakan Dahsyat Dari Langit


Sampai sekarang, simbol petir dan badai dianggap sebagai amarah alam yang sangat menakutkan. Selama ini para sejarawan terus mencari misteri apa yang tersembunyi munculnya simbol petir dalam mitologi kuno. Beberapa gambar sejarah dewa petir terlihat menderu di langit atau tentara langit terlukis melemparkan petir di langit, sebuah simbol yang sangat dimengerti bagaimana zaman kuno menganggap hal ini sangat penting. 

Mitologi Simbol Petir

Logika seperti mengingatkan, bahwa petir merupakan salah satu aspek yang menakutkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua mitos tentang petir menyebutkan hal-hal yang tidak pernah dicermati saat ini, dimana dalam ratusan mitos yang tersebar didunia pernah menggambarkan petir. Para dewa petir yang diceritakan nenek moyang kita memiliki cerita sendiri, ketika ditelusuri melalui substruktur justru menunjukkan peristiwa alam yang luar biasa.

Mitologi Simbol Petir


Simbol petir memberi petunjuk dimana langit menciptakan ledakan bahkan dalam imajinasi manusia, simbol-simbol kuno tentang petir yang paling umum pada zaman kuno mencerminkan bahwa:

  • Petir mewakili bentuk senjata menakutkan seperti pedang, panah, gada, tombak, kapak, dan palu.
  • Petir adalah prajurit leluhur, dewa pahlawan yang mengalahkan monster pengacau, petir dan senjata pahlawan yang paling sering tergambar dalam sejarah.
  • Simbol Petir muncul sebagai burung besar dengan sayap dari surga.
  • Petir adalah kilatan mata yang muncul dari surga, atau bisa saja sebuah kekuatan dari 'mata jahat' yang menghancurkan lawan.
  • Petir diluncurkan dari balik roda besar di langit, seperti kereta para dewa.
  • Petir disertai dengan jatuhnya batu.
  • Petir adalah utusan dari pusat matahari yang memerintah langit, bukan matahari yang terlihat saat ini.
  • Petir dianggap generatif, sebuah pilar maskulin yang menghamili para Dewi.
  • Petir merupakan panah yang dilepaskan ke langit oleh seorang pejuang besar atau pahlawan.
  • Petir atau kilat muncul menandakan adanya tangga ke langit, dimana sering digunakan oleh pahlawan kuno untuk naik ke atas.
  • Petir bagai bergelombang, menggambarkan ular berapi-api.
  • Petir menggambarkan sosok kembar bersaudara, atau dua sahabat, masing-masing mengisyaratkan ego dari yang lain.


Yunani kuno menggambarkan dewa Zeus sang pembawa simbol petir, memegang senjata melawan kuasa kegelapan. Zeus sangat jelas tergambar dalam mitologi Akkadia dari Marduk, raja para dewa, planet Jupiter yang dikenal dengan petir mengasumsikan kedaulatan langit.

Pliny pernah menuliskan bahwa kebanyakan pria tidak mengenal kebenaran adanya ilmu yang sulit dipelajari dari langit. Petir, adalah api dari tiga planet diatas. Api Surgawi terlempar dari planet menjadikan arang dari kayu yang terbakar. Ketika petir jatuh ke atas bumi, disertai dengan gangguan yang sangat besar di udara, sehingga planet mengalami kesusahan. 

Dalam tradisi Etruscan kuno menggambarkan simbol petir dari planet Mars jatuh di Bolsena, dimana kota itu seluruhnya terbakar akibat petir ini. Petir yang lebih rendah jauh lebih kuat dari planet Jupiter, dimana kekuatannya tiga kali lipat dari gunung yang dijatuhkan.

Referensi


Greek Mythology and Poetics, by Gregory Nagy, Cornell University Press, 1990

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.