Ads Top

Lubang Cacing Magnetik Antar Dimensi Berhasil Dikembangkan


Sudah tak asing lagi, lubang cacing yang dianggap sebagai terowongan kosmik pernah dinyatakan sebagai tempat yang menghubungkan dua wilayah yang jauh dari alam semesta. Teori ini pernah populer dalam fisika diikuti fiksi ilmiah seperti Stargate, Star Trek dan Interstellar. Bahkan menurut beberapa pendapat praktisi, dengan dengan menggunakan teknologi masa kini tidak mungkin membuat lubang cacing gravitasi. 

Setidaknya ilmuwan harus memanipulasi energi gravitasi berjumlah besar yang belum pernah atau tidak ada yang tahu bagaimana menghasilkannya. Sebuah teka-teki yang sulit dijawab ilmuwan, akan tetapi dalam teori elektromagnetisme, kemajuan pengembangan metamaterial dan tembus pandang memungkinkan dalam hal pengembangan desain untuk menghasilkan lubang cacing.

Pertama Kali, Uji Lubang Cacing Magnetik


Para ilmuwan pernah membangun serat lubang waktu magnetik pada tahun 2014, perangkat yang mampu mengangkut medan magnet dari satu ujung ke ujung. Tetapi serat ini terdeteksi magnetis, sehingga pengembangan lubang cacing saat ini dianggap merupakan perangkat tiga dimensi yang tidak terdeteksi oleh medan magnet.

lubang cacing magentik

Baru-baru ini, ilmuwan dari Departemen Fisika di Universitat Autonoma de Barcelona telah merancang dan membuat laboratorium pertama untuk eksperimen lubang cacing yang bisa menghubungkan dua ruang magnetis. Sistem ini terdiri dari terowongan yang mentransfer medan magnet dari satu titik ke titik yang lain dan tetap menjaga agar tetap tak terdeteksi sepanjang perjalanan melalui lorong.

Penelitian ini menggunakan metamaterial dan metasurfaces untuk membangun lubang cacing, sehingga medan magnet seperti magnet atau elektromagnet akan muncul di ujung yang lain pada lubang cacing (monopole magnet terisolasi). Magnetik Monopole (magnet satu kutub) tidak ada di alam ini, efeknya bahwa medan magnet menciptakan perjalanan dari satu titik ke titik lain melalui dimensi yang terletak diluar tiga dimensi konvensional.

Lubang cacing dalam percobaan ini dianggap sebagai sebuah bola yang terbuat dari lapisan yang berbeda, lapisan eksternal permukaannya feromagnetik, lapisan bagian dalam kedua terbuat dari bahan superkonduktor, dan selembar feromagnetik digulung menjadi silinder yang melintasi bola dari satu ujung ke lainnya. Bola dibuat sedemikian rupa agar magnetis tidak terdeteksi. 

Referensi


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.