Ads Top

Tabung Lava Bulan, Manusia Bisa Hidup Dalam Rongga Bulan?


Tentunya kita pernah mendengar teori Bulan Berongga, dan kali ini ilmuwan tengah membuktikan dengan mengemas teori yang berpotensi untuk kehidupan manusia, mungkinkah? Tabung lava bulan adalah terowongan bawah tanah di Bulan yang diyakini telah terbentuk selama aliran lava basaltik. Ketika permukaan tabung lava mendingin, lava ini membentuk tutup yang mengeras yang berisi aliran lava yang sedang berlangsung di bawah permukaan dalam bagian saluran yang terbentuk.

Setelah aliran lava berkurang, terowongan menjadi kering, membentuk kekosongan. Tabung lava bulan terbentuk pada permukaan yang memiliki kemiringan yang berkisar di sudut 0,4-6,5 °. Tabung lava Lunar mungkin selebar 500 meter (1.600 kaki) sebelum mereka menjadi tidak stabil terhadap keruntuhan daya gravitasi. Namun, tabung yang stabil masih dapat terganggu oleh peristiwa seismik atau pemboman Meteoroid.

Tabung Lava Bulan, Rongga Bulan


Tabung lava cukup besar untuk menelan sebuah kota dan bisa stabil secara struktural di bulan, menurut sebuah studi teoritis yang disajikan di Lunar and Planetary Science Conference pada 17 Maret. Saluran besar rilles yang berliku-liku terlihat di permukaan bulan diperkirakan terbentuk oleh aliran lava. Rilles berliku-liku berukuran hingga 10 kilometer lebarnya, dan tim Purdue meneliti apakah tabung lava dari skala yang sama bisa ada.

Tabung Lava Bulan, Rongga Bulan

Fitur vulkanik merupakan target yang penting untuk eksplorasi ruang angkasa manusia masa depan. Tabung lava bulan berpotensi memberikan peran sebagai lampiran untuk habitat manusia. Terowongan lebih besar dari 300 meter (980 kaki) diameter mungkin ada, berbaring di bawah 40 meter (130 kaki) atau lebih basal dengan suhu stabil -20 ° C (-4 ° F). [9] ini terowongan alami memberikan perlindungan dari radiasi kosmik sinar, meteorit, micrometeorites, dan ejecta dari dampak tabrakan. Ruang terlindung dari variasi suhu di permukaan bulan, yang akan menyediakan lingkungan yang stabil untuk penduduk. [10] Lunar tabung lava biasanya ditemukan di sepanjang batas-batas antara daerah rendah dan daerah dataran tinggi.

Hal ini akan memberikan akses jadi pada daerah tinggi untuk komunikasi, dataran basaltik untuk tempat pendaratan dan tempat berkumpul, serta sumber daya mineral bawah tanah. David Blair, seorang mahasiswa pascasarjana di Purdue Earth Department, Atmosfer dan Planetary Sciences, memimpin studi yang meneliti apakah tabung lava kosong lebih dari 1 kilometer lebar bisa tetap stabil secara struktural di bulan.
Fitur vulkanik merupakan target yang penting untuk eksplorasi ruang angkasa manusia masa depan. Tabung lava bulan berpotensi memberikan peran sebagai lampiran untuk habitat manusia. 
Blair bekerja sama dengan Antonio Bobet, seorang profesor Purdue teknik sipil, yang menerapkan informasi yang diketahui tentang batuan bulan dan lingkungan bulan pada teknologi teknik sipil yang digunakan untuk merancang terowongan di Bumi.

Tabung Lava Bulan, Rongga Bulan

Tabung lava biasanya terbentuk ketika permukaan luar dari saluran lava mendingin lebih cepat dan membentuk kerak yang mengeras selama arus bawah permukaan lava. Aliran akhirnya berhenti dan mengalir keluar dari tabung, meninggalkan saluran berbentuk ruang kosong yang biasanya beberapa meter di bawah permukaan.

Tim menemukan bahwa stabilitas lava tabung tergantung pada lebar, ketebalan atap dan keadaan stres lava yang mendingin, dan tim dimodelkan dengan berbagai variabel tersebut. Para peneliti juga memodel tabung lava dengan dinding yang dibuat oleh lava yang ditempatkan dalam satu lapisan tebal dan dengan lava ditempatkan di banyak lapisan tipis.

Jika tabung lava bulan ada dengan bentuk melengkung yang kuat seperti yang di Bumi, mereka akan stabil pada ukuran sampai dengan 5.000 meter atau beberapa mil lebarnya di bulan. Sesuatu yang tidak bisa terjadi pada gravitasi bumi dan ini menguntungkan bulan karena dapat menciptakan ruang kosong berongga dengan diameter yang mampu menampung sebuah kota. Hal ini dapat terstruktur dengan sangat baik di bulan.

Referensi 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.