Ads Top

Perubahan Iklim Saat Ini Seperti 1,4 Miliar Tahun Lalu


Apa yang kita rasakan disekitar kita, perubahan cuaca hampir tidak menentu diseluruh dunia. Kekuatan alam selalu menyebabkan perubahan iklim di Bumi berfluktuasi, tetapi ilmuwan telah menemukan bukti geologi bahwa beberapa kekuatan yang sama seperti saat ini juga terjadi sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu.

Baru-baru ini, ilmuwan dari University of Southern Denmark, dan China National Petroleum Corporation, telah melihat sejarah dan mengungkapkan bahwa orbital Bumi memaksa perubahan iklim yang berkontribusi membentuk iklim sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal PNAS edisi Maret 2015.

Perubahan Iklim 1,4 Miliar Tahun Lalu


Ciri-ciri Bumi tak luput dari fluktuasi iklim dan efek rumah kaca ini merupakan satu-satunya kekuatan yang mempengaruhi iklim saat ini. Pada skala yang lebih besar, iklim bumi juga sangat dipengaruhi orbit bumi mengelilingi matahari, atau disebut orbital bumi memaksa perubahan iklim. Perubahan ini terjadi selama ribuan tahun dan telah mengakibatkan perubahan zaman es dan periode pemanasan.

Menurut Prof Donald Canfield dari Nordic Center for Earth Evolution - University of Southern Denmark, studi ini telah membantu ilmuwan untuk lebih memahami perubahan iklim mempengaruhi Bumi secara geologis dan biologis di masa lalu. Beberapa bukti berasal dari analisis sedimen Formasi Xiamaling-Cina berusia sekitar 1,4 miliar tahun.

indikasi perubahan iklim global

Sedimen Formasi Xiamaling yang ditemukan merupakan bukti adanya fluktuasi iklim berulang, hal ini mencerminkan perubahan jelas dalam pola angin dan sirkulasi laut yang menunjukkan bahwa orbital Bumi telah memaksa perubahan iklim pada waktu itu.
Bumi dipengaruhi fluktuasi atau disebut siklus Milankovich, saat ini ada tiga siklus Milankovich berbeda dan telah terjadi setiap 20,000 tahun, 40,000 dan 100,000 tahun. Dalam kurun waktu terakhir, satu juta tahun siklus Milankovich telah menyebabkan zaman es setiap 100,000 tahun dan saat ini dunia sedang berada ditengah-tengah periode pemanasan yang telah berlangsung 11,000 tahun.

Sejarah iklim bumi sangat kompleks, melalui analisis ini diharapkan bisa menunjukkan bahwa siklus Milankovich telah berperan dalam perubahan iklim yang terjadi 1,4 miliar tahun yang lalu. Penelitian ini akan membantu ilmuwan dalam memahami bagaimana siklus Milankovitch mengendalikan perubahan iklim di Bumi.

Para ilmuwan menjelaskan kedua bukti geokimia dan sedimentological fluktuasi iklim berulang, setidaknya gambaran jangka pendek 1,4 miliar tahun yang lalu. Salah satu bukti sedimen fosil menunjukkan bagaimana lapisan bahan organik berbeda dari waktu ke waktu. Bukti ini jelas menunjukkan perubahan siklus pola angin, curah hujan dan sirkulasi laut. Mungkin perubahan siklus 1,4 miliar tahun yang lalu juga disebabkan karena Bulan lebih dekat ke Bumi, gambaran berbeda.

Referensi


Same forces as today caused climate changes 1.4 billion years ago, 10 March 2015, by University of Southern Denmark.
Journal Ref: Orbital forcing of climate 1.4 billion years ago. Proceedings of the National Academy of Sciences, 2015; 201502239 DOI: 10.1073/pnas.1502239112
Indicators to increase in a warming world, public domain via Wikimedia Commons

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.