Ads Top

Ditemukan Peta William Smith Yang Mengubah Dunia Tahun 1815


Inilah temuan peta yang mengubah dunia, sebuah salinan langka peta geologi Inggris dan Wales ditulis oleh William Smith pada tahun 1815 pernah dikabarkan menghilang. Tetapi kini telah ditemukan oleh juru arsip Geological Society. Peta ini telah didigitalkan dan tersedia online dalam waktu dekat untuk menyambut perayaan ulang tahun ke-200 peta William Smith. Pengarsipan ini dimulai dengan pembukaan plakat Smith, bekas kediaman oleh Sir David Attenborough.

Inilah peta geologi pertama bangsa Inggris dan Wales yang pernah diciptakan yang menjelaskan strata geologi Inggris, Wales dan bagian negara Skotlandia. Salinan peta William Smith diperkirakan salah satu dari sepuluh peta pertama yang diproduksi oleh William Smith, kemudian menyusul edisi baru sekitar 370 peta berwarna.

Temuan Langka Peta William Smith


William 'Strata' Smith hidup antara tahun 1769 hingga 1839, dia adalah seorang ahli geologi Inggris yang menciptakan peta geologi nasional pertama. Dia dikenal sebagai 'Bapak Geologi Inggris' yang menyusun sejarah geologi Inggris dan Wales dalam satu catatan, meskipun pengakuan itu menyusul kemudian. Ketika dia mengeluarkan peta pertama kali, peta ini diabaikan oleh komunitas ilmiah. Pendidikan dan keluarga mencegahnya dari komunitas masyarakat terdidik, karyanya dianggap menjiplak. Sehingga dia hancur secara finansial, tetapi dikemudian hari Smith menerima pengakuan atas prestasinya.

Peta William Smith Tahun 1815

Cerita tentang William Smith dipopulerkan melalui buku Simon Winchester pada tahun 2001, berjudul 'The Map that Changed the World'. Buku ini menceritakan tentang hubungannya dengan Geological Society yang menghasilkan peta geologi Inggris pada tahun 1820. 
Jejak sejarah Geological Society dari tahun 1815 menunjukkan bahwa peta William Smith dibeli oleh Society pada waktu itu seharga £5,5. Saat itu peta William Smith mulai menghilang dan jarang terkena cahaya, sehingga warna asli masih sangat terang.

Saat ini peta William Smith sudah kembali dan dijadikan digital, gambar peta William Smith dapat dilihat di perpustakaan Geological Society pada tanggal 23 Maret, bertepatan dengan ulang tahun William Smith, dipamerkan untuk merayakan peta yang sudah berumur dua abad. Peta Inggris dan Wales telah menjadi dasar untuk semua peta geologi masa depan Inggris dan mempengaruhi survei geologi diseluruh dunia.

Menurut John Henry, kepentingan Smith terhadap sejarah ilmu pengetahuan tidak dapat dilebih-lebihkan, peta William Smith merupakan bagian dari karyanya yang luar biasa. Peta ini telah membantu membentuk perkembangan ekonomi dan ilmiah di Inggris sebelum survei geologi ditemukan. Peta William Smith sangat langka, masing-masing peta yang pernah dicetak dianggap sebagai harta. Jadi, jika memiliki salah satu peta yang pertama kali dibuat William Smith, tentunya merupakan suatu koleksi yang sangat menarik. 

Sulit memperkirakan nilai peta William Smith, isu tentang koleksi salinan pertama baru-baru ini dijual seharga £150,000. Peta William Smith ditemukan baru-baru ini oleh Society, kemudian asisten arsip Victoria Woodcock pada tahun 2014 mulai mengaudit arsip yang dipimpin oleh Caroline Lam. Peta William Smith ditemukan diantara barang-barang sama sekali tidak berhubungan, sehingga pada awalnya pengarsip tidak menyadari betapa pentingnya temuan itu. Peta William Smith yang ditemukan merupakan edisi pertama karena identifikasi nomor seri dan perbedaan fitur geologi telah diperbaharui pada versi terakhir.

Edisi pertama peta William Smith tidak memiliki nomor seri atau tanda tangan. Indikasi lain, bahwa peta itu adalah edisi pertama yang digambarkan di Isle of Wight yang terlihat pada kurangnya garis terukir diperbatasan Welsh, dan kurangnya granit sekitar Eskdale di Lake District.

Referensi


Archivists unearth rare first edition of 'The Map that Changed the World', 23 March 2015, by Geological Society of London. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.