Ads Top


Ditemukan Makam Elit Pangeran Abad Ke-5 SM

Dan baru-baru ini tim arkeolog Perancis telah menemukan bukti baru dari zaman besi awal. Sejak Oktober 2014 arkeolog telag menggali makam elit pangeran yang terkubur dalam sebuah kompleks pemakaman monumental luar biasa, sebuah tempat di pinggir Lavau wilayah Champagne. Kuburan kremasi dan gundukan melingkar dipisahkan oleh parit ditetapkan pada akhir Zaman Perunggu sekitar tahun 1300-800 SM. Penggalian makam elit Lavau menambah pengetahuan arkeologis tentang fenomena pangeran dari awal Zaman Besi di Eropa Barat.

Dalam penggalian itu, bukti arkeologis berada di tengah-tengah gundukan berukruan diamater 40 meter. Mereka menemukan fosil yang terbaring bersama keretanya di ruang pemakaman seluas 14 m2. Temuan makam elit ini merupakan salah satu yang terbesar yang pernah diidentifikasi oleh arkeolog, diperkirakan berdiri sejak awal abad ke-5 SM atau dikenal sebagai periode Hallstatt.

Makam Elit Pangeran Abad Ke-5 SM


Di makam itu terisi barang penguburan yang biasanya diterapkan pada kaum elit tertinggi periode Hallstatt. Penggalian makam elit ini juga menemukan kuali perunggu diameter sekitar 1 meter, bentuknya melingkar yang dihiasi dengan kepala dewa sungai Yunani, Acheloos yang diwakili ukiran bertanduk, berjenggot, dengan telinga banteng dan tiga kumis, dan bagian tepi juga dihiasi dengan delapan kepala singa betina.

kepala dewa sungai Yunani Acheloos, makam elit

Penerus kerajaan selama awal Zaman Besi diperkirakan seorang prajurit dan pedang besi dan seorang wanita mengenakan gelang perunggu dalam padat. Sekitar tahun 500 SM, parit sedalam hampir tiga meter bersatu menjadi makam elit kuno tunggal seorang pangeran. 

Karya seni dianggap Etruscan atau berasal dari Yunani, didalam kuali terdapat kendi keramik Attic yang dihiasi dengan tokoh-tokoh berwarna hitam. Salah satunya Dionysus yang digambarkan dalam sebuah adegan perjamuan khas Yunani, berbaring di bawah pohon anggur dan menghadap pada seorang wanita. Kendi ini dianggap berasal dari wilayah paling utara, dan mencerminkan kecintaan kaum elit Celtic dalam sebuah pesta.

Akhir abad ke-6 dan awal abad ke-5 SM telah ditandai dengan pengembangan kegiatan ekonomi di kota Etruscan dan Yunani Barat, khususnya Marseilles. Pada waktu itu orang-orang mencari budak, logam dan barang berharga lainnya termasuk amber, dimana pedagang Mediterania datang dan berhubungan langsung dengan masyarakat Celtic.

Mereka berperan penting dalam hal komunikasi khususnya Loire, Seine, Saone, Rhine, Danube, dimana orang-orang mengambil keuntungan dari lalu lintas perdagangan. Kaum elit memperoleh banyak barang mewah yang saat ini ditemukan terkubur bersama pemiliknya di gundukan Heuneburg dan Hochdorf di Jerman, salah satuya makam elit ini dan yang terletak di Bourges, Vix.


Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.