Ads Top

Ditemukan: Inti Terkecil Didalam Inti Bumi


Apakah inti Bumi merupakan lapisan terdalam? Baru-baru ini tim ilmuwan University of Illinois menggunakan aplikasi baru teknologi pendeteksi gempa, mereka menemukan bahwa inti bumi memiliki inti sendiri yang mempunyai sifat berbeda dan mengungkapkan misteri tentang planet Bumi. 

Dalam hal ini, kita melihat inti yang mengungkap misteri di tengah planet Bumi, meskipun bukan seperti yang dibayangkan novelis Jules Verne. Selama ini, inti Bumi pernah dianggap sebagai bola yang berbentuk besi padat, dimana inti ini memiliki beberapa sifat struktural yang kompleks. Tetapi tim ilmuwan menemukan inti dalam Bumi yang berbeda, berukuran sekitar setengah diameter inti bumi saat ini. Penelitian ini dipimpin oleh profesor Xiaodong Song dan Tao Wang, hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience edisi 9 Februari 2015.

Inti Terkecil Didalam Inti Bumi


Inti Bumi merupakan bagian paling dalam berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1220 km. Panjang jari-jari inti dalam Bumi sekitar 70 persen dari jari-jari bulan yang terdiri dari campuran besi dan nikel, dan suhu didalamnya diperkirakan sama dengan suhu permukaan Matahari sekitar 5430 Celcius.

Menurut Song, meskipun inti terdalam Bumi yang ditemukan berukuran kecil, bahkan lebih kecil dari bulan, inti ini memiliki beberapa fitur yang sangat menarik. Inti ini mungkin bisa menginformasikan tentang bagaimana planet Bumi terbentuk dan proses dinamis lainnya yang terjadi di inti Bumi. Hal ini membentuk pemahaman baru tentang apa yang terjadi didalam bumi.

Dalam analisis ini, ilmuwan menggunakan gelombang seismik gempa bumi untuk memindai bagian terdalam. Teknologi baru yang digunakan mengumpulkan data yang tidak berasal dari kejutan awal gempa bumi, tapi dari gelombang yang beresonansi setelah gempa. Gempa bumi umumnya bekerja seperti ketukan palu, pendengar bisa mendengarkan nada yang jelas beresonansi setelah ketukan terhenti. Kemudian sensor seismik mengumpulkan sinyal koheren dalam coda gempa.

Inti Terkecil Inti Bumi

Ketika menjalani pengujian ini, sinyal koheren ditingkatkan dengan teknologi baru dan hasilnya lebih jelas. Ide dasar metode ini dimulai sementara waktu, dan telah menggunakannya dalam studi lain di permukaan Bumi. Tetapi ilmuwan mengujinya untuk menngungkap misteri yang terjadi di pusat bumi.
Kristal besi berada di lapisan terluar inti dalam Bumi selaras dan mengarah ke utara dan selatan. Tetapi bagian inti terdalam yang berbentuk kristal besi bertitik tolak sekitar timur dan barat.

Kristal besi di inti terdalam tidak hanya berbeda dalam kesejajaran, inti ini juga berperilaku berbeda dari kristal lainnya yang berpengaruh pada inti luar dan dalam. Dengan kata lain bahwa inti terdalam mungkin terbuat dari berbagai jenis kristal atau fase yang berbeda.

Analisa ini mengisyaratkan bahwa inti Bumi memiliki dua wilayah yang berbeda dan dapat menginformasikan sesuatu tentang bagaimana inti berkembang. Contohnya dalam sejarah, inti dalam Bumi mungkin memiliki perubahan yang sangat dramatis dalam deformasi. Mungkin saja bertanggung jawab dalam menentukan perkembangan planet dan bagaimana inti terbentuk tepat ditengah pusat Bumi.

Referensi


Earth's surprise inside: Geologists unlock mysteries of the planet's inner core, 09 February 2015, by University of Illinois at Urbana-Champaign. 
Journal ref; Equatorial anisotropy in the inner part of Earth’s inner core from autocorrelation of earthquake coda. Nature Geoscience, Feb 9, 2015

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.