Ads Top

Temuan Benteng Viking Di Denmark Dari Abad ke-10 M


Tepatnya September 2014, arkeolog mengumumkan penemuan penting berupa benteng Viking di lahan milik Vallo Manor, terletak di sebelah barat Koge pantai timur Sealand. Penemuan ini merupakan yang pertama dari jenisnya di Denmark selama kurun waktu lebih dari 60 tahun. Para arkeolog telah berusaha mencari asal usul dan sejak kapan benteng Viking didirikan.

Arkeolog yang tergabung berasal dari Danish Castle Centre dan Aarhus University, dan studi arkeologis ini dipresentasikan pada sebuah seminar di Aarhus University pada tanggal 18 November 2014. Hasil uji karbon-14 mengungkap keraguan yang selama ini dipertanyakan, arkeolog menggunakan perangkat AMS 14C Dating Centre di Department of Physics And Astronomy, Aarhus University, bekerjasama dengan laboratorium Accium BioSciences di Seattle.

Uji Penanggalan Karbon Benteng Viking, Borgring


Penemuan benteng Viking diumumkan pada bulan September, arkeolog merasa yakin bahwa mereka telah menemukan benteng cincin Viking. Sejak pengumuman temuan itu, berbagai diskusi intens mulai bermunculan secara online dan berusaha memastikan tentang kebenaran temuan mereka. Tetapi menurut arkeolog Nanna Holm, mereka merasa yakin bahwa mereka telah menemukan benteng Viking yang dibangun pada abad ke-10.

Kedua sampel diambil dari lingkaran pohon terluar kayu hangus yang ditemukan di pintu gerbang utara benteng Viking, diaman hasil analisis dua sampel hampir sama. Menurut Marie Kanstrup, Benteng ini dibangun pada periode antara abad ke-9 dan awal abad ke-11. Bukti ini dianggap sangat penting dalam menentukan peran benteng cincin dalam sejarah zaman Viking

Benteng Viking Denmark

Soren Sindbak, seorang profesor arkeologi abad pertengahan Aarhus University menjelaskan bahwa arkeolog masih terus melanjutkan penelitian sampai mendapatkan informasi yang lengkap dan tepat. Metode penggalan karbon-14 tidak dapat menghasilkan informasi akurat, sehingga arkeolog berusaha menggunakan metode berbeda yang dapat membantu menemukan tanggal berdirinya benteng Viking. Tanggal sejarah benteng Viking dianggap sangat penting untuk memahami perannya dalam sejarah masa lalu.

Beberapa arkeolog beranggapan bahwa temuan itu merupakan benteng Harald Bluetooth dan belum bisa memastikan tanggal berdirinya, tapi sekarang mereka telah menemukan bukti kuat bahwa benteng didirikan pada abad ke-10 Masehi. Harald Bluetooth, atau Harald 'Gigi Biru' Gormsson adalah seorang raja Denmark dan Norwegia yang berkuasa di abad ke-9 M, anak dari Raja Gorm yang Tua dan Thyra Dannebod. Mereka menemukan fakta tentang benteng selama penggalian disemua titik arah yang sama. Meskipun penggalian telah ditutup tahun ini, penemuan ini akan menjadi referensi masa depan, dan benteng Viking tersebut dibangun disebelah laut terbuka.

Nanna Holm mengatakan, dalam penggalian itu mereka menemukan penampungan air tawar atau payau tepat disebelah salah satu sisi benteng. Mungkin penampungan air ini membuat sempit sehingga diletakkan diluar ketika membangun benteng. Diperkirakan ratusan ton tanah liat berat telah digali dan dimasukkan kedalam penampungan air.
Dalam penggalian ini juga menunjukkan bahwa pembangunan benteng berkaitan erat dengan benteng Viking lainnya seperti Fyrkat dekat Hobro, Aggersborg dekat Limfjord ,dan Trelleborg dekat Slagelse. Benteng Viking tersebut pasti dibangun pada masa pemerintahan Harald Bluetooth, dan masih banyak bukti menunjukkan bahwa Borgring adalah benteng Viking. 

Arkeolog menemukan beberapa rincian yang sama dalam struktur ini, dan itu benar-benar membuktikan bahwa benteng Viking tersebut tak lain adalah Borgring. Selain struktur benteng dan gerbang, juga ditemukan jejak jalan dengan paving kayu disepanjang bagian dalam benteng tersebut. Sama halnya seperti temuan arkeologis di Fyrkat, Aggersborg dan Trelleborg, dimana pengukuran benteng-benteng tersebut sama persis dengan ukuran benteng Borgring selebar 10,6 meter. 

Referensi


Has one of Harald Bluetooth’s fortresses come to light? 17 November 2014, by Press Realease of Aarhus University.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.