Ads Top


Asal Usul Kuda Dan Badak Berasal Dari Asia

Tim ilmuwan Jhons Hopkins telah menemukan kesenjangan besar dalam pemahaman evolusi pada kelompok hewan kuda dan badak. Sub-kelompok kedua spesis ini diduga berasal dari sebuah benua yang ketika itu masih berbentuk sebuah pulau, dimana pulau ini kemudian bergerak dan berbenturan dengan benua Asia.

Penelitian ini berdasarkan hasil analisis penggalian fosil yang ditemukan tambang batu bara di India, dimana semua laporan temuan Cambaytherium Thewissi terangkum dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal online Nature Communication, edisi 20 November 2014. Penelitian ini didanai oleh National Geographic Society yang bertujuan untuk meneliti lokasi tambang Gujarat, bagian barat India, selama dua minggu sekali setiap tahun selama dekade terakhir.

Temuan Fosil Ungkap Asal Usul Kuda Dan Badak


Menurut Ken Rose, Ph D, professor anatomi fungsional dan evolusi Johns Hopkins University School of Medicine, bahwa spesis tapir modern, kuda dan badak termasuk kelompok Perissodactyla, juga dikenal sebagai hewan langka berkuku aneh, dimana spesis ini memiliki jumlah jari pada kaki belakang yang tidak merata dan system pencernaan berbeda dari lainnya. Meskipun para ahli paleontology telah menemukan fosil Perissodactyla yang pernah hidup di periode Eosen Awal sekitar 56 juta tahun yang lalu, tetapi ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana spesis ini berevolusi. 

Ordo Perissodactyla merupakan hewan berkuku ganjil, spesis Ungulata ini biasanya berukuran besar, memiliki lambung yang relatif sederhana, serta kuku tengah yang besar. Tidak seperti kerabat ungulata lainnya, Artiodactyla, hewan ini mencerna selulosa tumbuhan di usus dan bukan di lambungnya.

Cambaytherium thewissi, asal usul kuda

Ken Rose dan timnya telah menggali fosil mamalia selama bertahun-tahun di Bighorn Basin of Wyoming. Tetapi pada tahun 2001 mereka menjelajahi endapan Eosen diwilayah India Barat karena telah mendapatkan bukti bahwa Perissodactyls dan beberapa kelompok mamalia lain mungkin berasal dari wilayah itu. Dalam penggalian di tambang batu bara terbuka, wilayah timur laut Mumbai, para ahli telah menemukan lapisan yang menyimpan banyak fosil kuno, terutama yang mengungkap asal usul kuda dan badak

Penggalian ini berupa gigi dan tulang belulang untuk diteliti dan di usut kembali dilaboratorium. Dari semua yang didapat lebih dari 200 fosil, ternyata merupakan fosil hewan yang dijuluki Cambaytherium Thewissi, yang sedikit datanya telah didapat. Para peneliti mengatakan umur fosil sekitar 54,5 juta tahun sedikit lebih muda dari perissodactyla. Kemungkinan nenek moyang Perissodactyla karena kemiripan sifat-sifat yang dimiliki oleh Cambaytherium seperti gigi, tulang punggung, dan tulang tulang tangan dan kaki, cambaytherium. 

Semua bukti ini ditengah tengah antara Perissodactila dan hewan yang lebih primitive, ini merupakan sifat yang paling dekat dengan nenek moyang perissodactyla. Penggalian di tambang batubara Gujarat Cambaytherium dan temuan lainnya tak hanya memperoleh petunjuk menarik tentang pemisahan India dari Madagaskar. Perpindahan ini dianggap berlangsung secara mandiri dan akhirnya bertubrukan dengan Asia akibat dari pergeseran lempeng bumi. 

Pada tahun 1990, David Krause dan Mary Maas dari Universitas Stony Brook telah menerbitkan makalah tentang beberapa kelompok mamalia yang muncul dilapisan Eosin Awal, termasuk primata dan hewan langka berkuku aneh, yang mungkin telah berevolusi dan terisolasi di india. 

Ketika para ahli menemukan bukti Cambaytherium, mereka tak hanya berfikir bahwa India merupakan sebuah pulau, tetapi juga memuliki primata dan hewan pengerat yang mirip dengan hewan pengerat Eropa. India lewat dekat semenajung Arab atau tanduk Afrika, dan lintasan tanah memungkinkan spesis kuda dan badak bermigrasi. Tapi Cambaytherium sangat unik dan bisa menunjukkan bahwa India memang terisolasi pada waktu itu.

Referensi


Journal Ref:  Early Eocene fossils suggest that the mammalian order Perissodactyla originated in India. Nature Communications, 2014; 5: 5570 DOI: 10.1038/ncomms6570

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.