Ads Top


Oksigen Bisa Terbentuk Di Atmosfer Tanpa Fotosintesis?

Dalam pandangan umum, ilmu pengetahuan mengenalkan kepada kita bahwa oksigen terbentuk dari hasil fotosintesis tanaman hijau. Setidaknya, sekitar seperlima ruang atmosfer bumi terisi oksigen dan sebagian besar digunakan makhluk hidup di Bumi untuk menjaga kelangsungan hidup. 

Bagaimana Bumi menghasilkan oksigen di atmosfer sebelum adanya kehidupan, pada saat Bumi baru terbentuk permukaannya gersang dan panas? Dalam studi biologi fotosintesis tanaman atau oksigen pertama kali terbentuk sekitar 2,3 miliar tahun lalu, dan atmosfer kemungkinan berisi sebagian besar karbondioksida seperti yang terjadi saat ini di Mars dan Venus. 

Zhou Lu, seorang mahasiswa pascasarjana University of California yang bekerjasama dengan profesor di Earth and Planetary Sciences. Dia telah memberi bukti bahwa oksigen terbentuk di atmosfer pada saat itu, pengujian ini menggunakan laser ultraviolet energi tinggi untuk meningkatkan karbon dioksida. Studi dan eksperimen terbentuknya oksigen di atmosfer dibiayai NASA, NSF, dan Departemen Energi Amerika Serikat, hasil studi diterbitkan dalam jurnal Science edisi 3 Oktober 2014.

Oksigen Terbentuk Di Atmosfer Sebelum Adanya Fotosintesis


Baru-baru ini, para ilmuwan berpendapat bahwa oksigen terbentuk di atmosfer awal walaupun volume kecil. Studi ini telah diteliti selama 40 tahun terakhir, mereka berusaha mengungkap asal usul abiotik oksigen. Oksigen bereaksi cukup agresif dengan senyawa lain sehingga tidak akan mampu bertahan lama tanpa adanya dukungan sumber berkelanjutan.

Atmosfer Bumi, oksigen atmosfer

Menurt Zhou, banyak yang percaya bahwa sumber abiotik (tanpa tanaman hijau) molekul oksigen terbentuk dari proses CO2 dan cahaya matahari yang menghasilkan CO dan Oksigen. Kemudian O2 dan M (O + O + M) dimana M merupakan tubuh ketiga membawa energi yang dilepaskan untuk membentuk ikatan oksigen. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa O2 dapat terbentuk dengan karbon dioksida dalam proses penguraian satu langkah, proses yang sama juga dapat diterapkan pada karbon dioksida atmosfer yang didominasi planet lainnya seperti Mars dan Venus.

Dalam studi ini, para ilmuwan menggunakan laser ultraviolet untuk menyinari CO2 di laboratorium, dimana sinar ultraviolet vakum memiliki panjang gelombang dibawah 200 nanometer dan biasanya diserap udara. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan alat pencitraan ion unik yang dikembangkan di University of California, Davis. 
Proses satu langkah dalam pembentukan oksigen di labratorium bisa saja terjadi saat ini dengan meningkatnya karbon dioksida dibagian bagian atas atau upper atmosfer. Dimana bagian atmosfer itu langsung menerima cahaya ultraviolet energi tinggi dari matahari. 
Penelitian ini merupakan yang pertama kalinya yang membuktikan bahwa reaksi tersebut telah terbukti di laboratorium. Studi Zhou mengisyaratkan bahwa model evolusi atmosfer planet harus disesuaikan dengan mempertimbangkan hal proses satu langkah pembentukan oksigen di atmosfer. Seperti studi planet layak huni di Mars, para ilmuwan mempertimbangkan kemungkinan produksi oksigen agar bisa mendukung kehidupan

Referensi


Making oxygen before life, 02 October 2014, by University of California - Davis. Journal Ref: Evidence for direct molecular oxygen production in CO2 photodissociation. DOI: 10.1126/science.1257156, Science, 2014. Sunset from the ISS, image courtesy of NASA Earth Observatory.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.