Ads Top

Kelahiran Nuh, Matanya Bersinar Menerangi Seluruh Rumah


Bagaiman kisah kelahiran Nuh dalam naskah Laut Mati? Robert Eisenman dan Michael Wise dalam buku yang diterbitkan tahun 1992 berjudul 'Dead Sea Scrolls Uncovered - First Complete Translation and Interpretation' menjelaskan penafsiran naskah yang ditemukan di gua Qumran, beberapa fragmen menceritakan tentang kelahiran Nuh dan literatur budaya pada saat itu.
......tak ada yang sepertinya, sifatnya tidak seperti sifat manusia, dan warna tubuhnya lebih putih dari salju dan lebih merah dari mekarnya bunga mawar, rambut kepalanya lebih putih dari wol putih, dan matanya seperti sinar matahari, dan dia membuka matanya dan setelah itu menerangi seluruh rumah. Dia pun bangun dari tangan bidan, membuka mulutnya dan diberkati Tuhan pemilik surga.....
Nuh adalah seorang nabi sekaligus rasul yang diceritakan dalam Taurat, Alkitab Kristiani, dan Al-Quran. Nuh, dia diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM, tinggal diwilayah Selatan Irak modern, dan namanya disebutkan sebanyak 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru dan 43 kali dalam Al-Qur'an. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa keturunan Nuh terdiri dari 4 orang pria (Kan'an, Sem, Ham, dan Yafet), tetapi Alkitab hanya menyebutkan 3 pria (Sem, Ham, dan Yafet). 

Kisah Kelahiran Nuh Dalam Naskah Laut Mati


Setidaknya ada lebih dari 20 fragmen naskah Laut Mati yang merujuk pada kisah Nuh. Tentang Nuh dan banjir besar, Lawrence Schiffman menyebutkan bahwa diantara naskah Laut Mati setidaknya tiga versi legenda berbeda teracatat didalamnya. Secara khusus, Genesis Apocryphon lebih banyak mengisahkan Nuh, tetapi isi tampaknya memiliki banyak kesamaan dengan Genesis 5 yang juga menceritakan tentang kelahiran Nuh. Dalam hal ini, ayah Nuh merasa khawatir bahwa anaknya terlahir dari salah satu Pengawas. 

Penafsiran berikut merupakan isi naskah Laut Mati (4Q534-536), kalimat didalamnya tidak lengkap disebabkan lembaran naskah sudah rusak dan tidak terbaca sama sekali.

Fragmen 1

... (Ketika) dia lahir, semua akan menjadi gelap bersamaan... dia lahir di malam hari dan dia keluar sempurna... dengan berat tiga ratus lima puluh shekel... dia tidur sampai pembagian hari... di siang hari sampai selesainya tahun... berbagi disisihkan untuknya, tidak... tahun...

Fragmen 2

... akan... orang-orang Kudus akan ingat.. cahaya akan diwahyukan kepadanya... mereka akan mengajarinya segala sesuatu yang... manusia kebijaksanaan, dan setiap orang bijak... di tanah, dan dia akan menjadi besar... manusia akan terguncang, dan sampai... dia akan mengungkapkan Misteri seperti Malaikat tertinggi... dan dengan Pemahaman Misteri... dan juga... dalam debu... Misteri naik... porsi...

Fragmen 3

dari ... dia lakukan... yang Anda takut untuk semua... pakaiannya diujung gudangmu. Aku akan menguatkan Kebaikan-Nya... dan ia tidak akan mati di zaman Kejahatan, dan Kebijaksanaan ucapan-Nya akan keluar. Dia yang menentang-Nya akan menerima setimpal dengan hukuman mati. Dia akan menulis kata-kata Allah dalam sebuah buku yang tidak aus (luntur), tetapi kata-kata Mu akan menghiasi. Pada saat Kejahatan, aku akan mengetahui-Mu selamanya, seorang pria dari hamba-hambamu...

Fragmen 4

...tangan, dua... itu melepaskan tanda dari... gandum dan kacang pada... dan tanda kecil dipahanya... setelah dua tahun dia akan membedakan satu hal dari yang lain... di masa mudanya dia akan... semua dari mereka... seperti orang yang tidak tahu apa-apa, sampai saat dia akan datang untuk mengetahui Buku Ketiga. Lalu dia akan menjadi bijaksana dan akan terpisah... visi akan datang kepadanya sementara berlutut (berdoa). Dan dengan ayahnya dan leluhurnya... hidup dan usia tua; ia akan memperoleh nasihat dan kehati-hatian, dan dia akan tahu Rahasia manusia. Pemahaman-Nya akan menyebar kepada semua orang, dan dia akan tahu Rahasia semua makhluk hidup. Rencana mereka melawannya akan sia-sia, dan warisan rohani bagi semua yang hidup akan diperbanyak. Dan semua rencananya akan berhasil, karena dia adalah umat pilihan Allah. Kelahiran Nuh dan nafas Rohnya... para pengikut akan bertahan selamanya... yang... rencana...

Penafsiran Fragmen 4Q534-536 Tentang Kelahiran Nuh


Dalam naskah Laut Mati (4Q534-536) disebutkan tentang teks visioner dan mistis, beberapa fragmen teks dianggap mengagumkan yang diisi dengan kisah Nuh. Naskah pertama menyebutkan bahwa kelahiran Nuh pada malam hari, dan disebutkan pula berat badannya 350 shekel (sekitar 7 pound, 3 ons), dan dia tidur sampai pembagian hari, mungkin kata-kata ini menyiratkan siang.

Dalam Kitab Henokh, disebutkan beberapa percakapan antara Henokh (Idris) dan anaknya, Metusalah, juga menggambarkan deskripsi kelahiran Nuh berbeda daripada manusia biasa. Metusalah berkata kepada Henokh: 
"Karena rasa cemas yang besar aku datang kepadamu, dan karena visi yang mengganggu aku mendekat. Dan sekarang ayahku, dengarkan aku: hingga Lamekh anakku memperoleh kelahiran seorang putra, tak ada yang sepertinya, sifatnya tidak seperti sifat manusia, dan warna tubuhnya lebih putih dari salju dan lebih merah dari mekarnya bunga mawar, rambut kepalanya lebih putih dari wol putih, dan matanya seperti sinar matahari, dan dia membuka matanya dan setelah itu menerangi seluruh rumah. Dia pun bangun dari tangan bidan, membuka mulutnya dan diberkati Tuhan pemilik surga. Dan ayahnya Lamekh ketakutan dan melarikan diri kepadaku, dan tidak percaya bahwa dia adalah cucuku, tetapi dia memiliki rupa malaikat surga; dan lihatlah aku telah datang kepadamu agar engkau memengetahui yang sebenarnya". 
Nuh dianggap penting dalam penulisan di periode ini, seperti Ben Sira dan Dokumen Damaskus. Yang pertama Zaddik (orang yang Benar) disebutkan dalam kitab Genesis 6:9. Nuh 'lahir sempurna' seperti yang ditegaskkan rabbi dalam bagian ini, karena menurut sastra Rabbinical bahwa Nuh lahir disucikan. Tetapi mungkin kata 'sempurna' sangat penting dalam literatur di Qumran, khususnya dalam Perjanjian Baru. 'Kesempurnaan' merupakan citra yang cukup berlimpah dalam sastra Qumran, sering dihubungkan dengan notasi penting lainnya pada Kekristenan Awal, terminologi ini terkait dengan kosakata 'Jalan'.

Dalam Kisah Para Rasul, kosakata 'Jalan' merupakan sebuah nama alternatif dalam agama Kristen dimasa pembentukan Palestina dari tahun 40-an hingga 50-an Masehi. Kosa kata ini biasanya ditujukan kepada orang yang terlibat dalam 'pendakian surgawi' atau 'melakukan perjalanan' atau setidaknya orang yang 'mengerti' tentang misteri 'Malaikat Tertinggi'. 

Naskah Laut Hitam ini memproyeksikan alkitab dan Kabbalistik, Nuh termasuk seseorang yang mengetahui rahasia semua makhluk hidup. Perjanjian Nuh tidak hanya ditujukan untuk sastra Rabinik, tetapi juga mengarah pada masyarakat dibawah kepemimpinan James di Gereja Awal, Yerusalem, dari tahun 40-an hingga 60-an Masehi. Dalam hal ini, James tampaknya telah menyerap beberapa primordial Nuh.

kelahiran nuh

Darah lebih mungkin dikaitkan dengan kosakata 'porsi' sebagai makanan persembahan berhala, hal ini juga ditekankan dalam kosakata Al-Quran surat An-Nahl 16:115. James mungkin meletakkan tiga posisi berbeda, yaitu menulis Perjanjian Nuh, menggunakan kosakata 'Orang Benar' dalam penggambaran manusia pada literatur rabinik, dan menggambarkan bahwa mereka bertahan hidup cukup aneh, seperti yang didasarkan Quran tentang aturan makanan halal-haram. Dalam pengertian ini, orang-orang Arab menjadikannya salah satu porsi makanan yang mungkin juga dikonsumsi masyarakat non-Yahudi.

Karakteristik Nuh juga dijelaskan dalam teks dan referensi keberadaan kelahiran Nuh sebagai orang pilihan Allah dianggap sangat penting. Sinonim Zaddik atau orang yang Benar digunakan dalam tradisi sastra nenek moyang, istilah 'pilihan' juga digunakan dalam Dokumen Damaskus didefinisikan sebagai 'anak-anak Zadok'. Sinonim ini juga muncul dibagian Habakuk Pesher, berkaitan dengan 'Penghakiman Allah akan terjadi ditengah-tengah berbagai bangsa' yaitu 'Penghakiman Terakhir' dimana sinonim 'Pilihan Allah' sebenarnya dikatakan ikut berperan didalamnya, dan terlihat pada kisah banjir besar Nuh.

Dalam Yudas 1: 14-15 disebutkan:
Dan Henokh juga, ketujuh dari Adam, bernubuat ini, mengatakan, Sesungguhnya Tuhan datang dengan puluhan ribu malaikat kudus-Nya, untuk menjatuhkan hukuman atas semua dan untuk meyakinkan semua, yang durhaka diantara semua perbuatan fasik mereka yang durhaka, dan dari semua kata-kata yang diucapkan orang-orang fasik yang berdosa terhadap dirinya.
Selain itu, dalam naskah Laut Mati 4Q204 16-18 juga tertulis: 
Dan lihatlah! Ia datang dengan sepuluh ribu kudus-Nya untuk menjatuhkan hukuman atas semua, dan untuk menghancurkan semua orang fasik: dan untuk menghukum semua manusia atas semua karya kefasikan mereka yang durhaka, dan semua hal keras yang fasik memiliki dosa berbicara menentang-Nya.
Disebutkan dalam teks tentang Buku Ketiga, menurut sejarawan kosakata 'Buku' berkaitan dengan pengetahuan mistik zaman itu, atau seolah-olah Surgawi atau misteri Malaikat. Dalam teks ini tersembunyi Kabbalistik yang jelas dan penggambaran Nuh sebagai sosok Kebijaksanaan, atau orang yang mengerti tentang pemahaman Misteri.

Referensi


Dead Sea Scrolls Uncovered - First Complete Translation and Interpretation, by Robert Eisenman and Michael Wise, 1992. Noah's sacrifice by Daniel Maclise (1811–1870), image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.