Ads Top

Nubuat Zoroaster, Ramalan Tentang Akhir Dunia


Agama Zoroastran diperkirakan berkembang di peradaban kuno sekitar abad ke-7 SM atau mungkin beberapa abad sebelumnya. Zoroaster atau orang Persia menyebutnya Zarathustra, mengajarkan bahwa sang Pencipta adalah Ahura Mazda, dia miliki lawan tanding yang disebut Anghra Mainyu atau disebut Druj, dimana pada akhirnya Ahura Mazda mengalahkan Anghra Mainyu. Zoroastrianisme adalah sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna, Tuhan Yang Bijaksana.

Dalam Al-Qur'an setidaknya menyebut pengikut Zoroaster sebagai Majus, dan berdasarkan riwayat yang dinukil dari Imam Maksum As, Majus diperkenalkan sebagai pemilik kitab dan merupakan seorang nabi. Riwayat-riwayat yang menjelaskan ajaran pertama agama ilahi Zoroaster As, kemudian para pengikutnya mengalami penyimpangan. 

Hal ramalan, nubuat, prediksi ataupun zodiak, Zoroastran juga mempercayai adanya siklus kosmik yang berlangsung selama 12,000 tahun dan zaman (periode) dibagi selama 3000 tahun, sangat mirip dengan Siklus Yuga seperti yang dibahas sebelumnya. Menurut mereka, saat ini manusia berada di zaman kedua (Zaman Campuran) yang mengacu pada interaksi kebaikan dan kejahatan. Selama ini, umat Zoroastran menunggu kelahiran Saoshyant, sang juru  Penyelamat yang akan terlahir membawa kebijakan.

Nubuat Zoroaster Dalam Teks Kuno 'Zand-i Vohuman Yasht'


Dalam legenda ketika Zoroaster meninggal, spermanya secara ajaib diawetkan di Danau Kansaoya, Iran. Ketika waktunya tiba, sperma diyakini akan menghamili seorang gadis yang berenang di danau dan akan melahirkan tiga anak. Anak yang pertama Ukhshyat-Ereta (Dia yang membuat kebenaran bersemi) dan akan disebut sebagai Hoshedarmah. Satu milenium kemudian akan lahir anak kedua, Ukhshyat-Nemah (Dia yang membuat rasa hormat berkembang) diikuti kelahiran Astavat-Ereta (Dunia Kebenaran) 1000 tahun kemudian, yang akan mengawasi akhir zaman.

Nubuat Zoroaster

Sejarawan mulai menggali misteri yang tercantum dalam teks ramalan Zoroaster, Zand-i Vohuman Yasht, mengandung nubuat (ramalan) yang sangat panjang tentang hari kemudian. Menurut sebuah buku yang berjudul Sacred Books of the East, Volume 5, Oxford University Press, 1897, yang diterjemahkan oleh EW West, ramalan ini terkait persitiwa yang terjadi dan akan terjadi dimasa mendatang, beberapa poin penting dibahas dalam percakapan sebagai berikut.

Zartosht bertanya: "Oh,...Pencipta Dunia, apa tanda yang akan Kau berikan pada musim dingin Kesepuluh-Keseratus?" Ketika itu, Ahura Mazda berkata dan menjelaskan tentang situasi yang akan terjadi dimasa mendatang.

Tanda itu terlihat di akhir milenium Ku, periode paling jahat akan datang, seratus macam, seribu macam, segudang jenis setan dengan rambut acak-acakan, dari ras yang dimurkai buru-buru ke negara Iran (Airan Shatro) dari arah timur, terdiri dari ras rendah dan ras murka. Bendera mereka berkibar, mereka membunuh orang-orang yang hidup di dunia, mereka memiliki rambut acak-acakan di bagian belakang dan kebanyakan ras kecil dan rendah, maju dalam menghancurkan pelaku kuat. Zartosht, ras murka ini salah penciptaan dan asal-usulnya tidak nyata. Melalui sihir mereka buru-buru ke negara Iran, dimana Ohrmazd menciptakannya, mereka membakar dan merusak banyak hal, rumah, tanah, kemakmuran, bangsawan, kedaulatan, agama, kebenaran, perjanjian, keamanan, kenikmatan, dan setiap karakteristik yang diciptakan Ohrmazd, agama ini murni dari Mazdayasnians, dan api Warharan yang diatur dalam tempat yang sudah ditentukan untuk menghadapi pemusnahan dan perusakan yang paling menakutkan serta kesulitan akan datang.
Wilayah itu besar dan akan menjadi sebuah kota besar, desa yang merupakan sebuah desa besar, keluarga yang merupakan keluarga besar, dan diambang tunggal. Mereka akan memimpin negara-negara Iran dan berkeinginan untuk berbuat kejahatan, menjadi tirani dan memerintah, iblis tersebar dengan rambut acak-acakan sebagai penipu, sehingga apa yang mereka katakan tidak dilakukan, mereka dari agama keji sehingga apa yang tidak mereka katakan akan dilakukan. Bantuan dan janji mereka tidak memiliki ketulusan, tidak ada hukum, mereka melestarikannya tanpa ada keamanan. Dan dukungan yang mereka berikan tidak ada yang bergantung, berdasarkan penipuan, kerakusan, dan pemerintahan mereka akan menghancurkan negara Iran. 
Pada saat itu, semua orang akan menjadi sesat, teman baik akan menjadi partai/golongan yang berbeda. Rasa hormat, kasih sayang, harapan, dan memanjakan jiwa akan berangkat meninggalkan dunia, kasih sayang ayah akan hilang dari anak, begitupula saudara dari saudaranya, anak-anak akan menjadi pengemis dari ayah mertuanya, dan ibu akan berpisah dan terasing dari putri-putrinya. 
Itu adalah akhir Kesepuluh-Keseratus musim dingin Ku. Zartosht,... matahari lebih terlihat dan lebih tutul, tahun, bulan, dan hari lebih pendek, bumi lebih tandus, lebih banyak perampok, tanaman tidak akan menghasilkan benih, sehingga 10 tanaman jagung akan berkurang 7 dan 3 saja yang akan berkembang. Yang meningkatkannya tidak akan menjadi matang, vegetasi, pohon, dan semak-semak akan berkurang, jika 100 maka akan berkurang 90 dan hanya 10 yang akan berkembang dan yang meningkatkannya (memaksa) tidak memberikan kesenangan dan rasa. 
Manusia dilahirkan lebih kecil dan keterampilan serta kekuatan mereka kurang, menjadi penipu ulung dan lebih dipraktekkan dalam perbuatan keji, mereka tidak memiliki rasa syukur dan hormat untuk sebuah roti dan garam, dan mereka tidak memiliki kasih sayang untuk negaranya sendiri. 
Di batas waktu yang paling jahat, sebagian kehormatan di mana itu adalah milik seorang pria yang mengalami penderitaan agama (ditindas), sedikit hadiah atas perbuatan dan tugas mulia mereka, sedikit tangan mereka dan sektarian dari semua jenis bertujuan mencari jalan kehancuran mereka. 
Zoroaster

Dan seluruh dunia akan membenamkannya dan berpakaian orang mati, dan mengubur orang mati, dan mencuci kematian melalui hukum, pembakaran, membawa air dan api, dan makan dari benda mati dimana mereka berlatih melalui hukum dan tidak menjauhkan diri darinya. 
Mereka menceritakan sebagian besar tentang tugas dan pekerjaan yang baik, dan mengejar kejahatan dan jalan menuju neraka, melalui kesalahan, bujukan, dan keinginan dari murka dan ketamakan mereka buru-buru kejalan neraka. 
Oo.. Zartosht, dalam waktu yang membingungkan, pemerintahan murka memanaskan tombak dan setan dengan rambut acak-acakan, dari ras Murka, budak paling kejam berjalan keluar dengan otoritas bangsawan tanah dan agama, yang memakai benang suci pada pinggangnya, kemudian tidak mampu melakukan penyucian dirinya karena disaat-saat terakhir benda mati dan tubuh menolak keras. Orang yang akan mengatur langkah demi langkah berjalan pada benda mati atau ketika dia mencuci dalam upacara Barashnom dan meletakkan kakinya pada kursi batu, dia berjalan pada benda mati atau ketika menyusun ranting suci dan menguduskan kue suci dalam ruang mayat diperkenankan. 
Atau,... di saat-saat terakhir mereka diizinkan untuk melakukan upacara dengan dua laki-laki, sehingga agama ini tidak sia-sia dan hancur. Hanya akan ada satu dalam seratus, seribu, bahkan lebih, yang percaya pada agama ini dan bahkan dia tidak apa-apa meskipun memikul tugas berat. Dan api Warharan akan sia-sia dan runtuh, jatuh dari seribu menjadi satu, bahkan dia tidak menyediakan kayu bakar dan dupa dengan baik, atau ketika seorang pria yang melakukan ibadah dan tidak tahu Nirangistan akan menyalakannya dengan niat baik,... itu diijinkan. 
Semua Kekayaan Terhormat akan dilanjutkan (dikuasai) orang-orang beriman menyimpang, orang-orang yang melampaui batas, dan pelaku kebajikan dari perbuatan baik, dari keluarga bangsawan bahkan sampai para imam yang berlarian tetap ditemukan, perintah yang lebih rendah dalam mengambil keputusan pernikahan putri bangsawan, imam, para bangsawan, menuju kemelaratan dan perbudakan. 
Kemalangan tercela akan menyalip kebesaran dan kekuasaan, kemuliaan tak berdaya dan akan datang ke tempat terkemuka dan kemajuan. Kata-kata penegak agama, segel dan keputusan hakim yang adil akan menjadi kata-kata acak diantara keadilan dan bahkan orang-orang yang benar. Dan kata-kata mulia, pemfitnah, yang jelek dan pengejek, orang-orang munafik pendapatnya dianggap benar dan kredibel tentang suatu hal yang berani bersumpah, meskipun dengan kepalsuan. Dengan demikian memberi bukti palsu, dan berbicara palsu dan tidak sopan tentang Aku,... Ohrmazd. 
Mereka yang menyandang gelar imam dan murid melakukan kejahatan satu sama lain, berbicara mewakili, pertentangan Ahriman dan setan jauh dibawa oleh mereka, dari dosa yang orang komit, dari lima dosa para imam dan murid melakukan tiga dosa, mereka menjadi musuh yang baik sehingga mereka dapat berbicara dengan demikian kesalahan buruk yang berkaitan satu sama lain, upacara mereka tidak dilakukan dan mereka tidak takut akan neraka. 
Dan dalam Kesepuluh Keseratus musim dingin, merupakan akhir milenium Ku, Zartosht benar, seluruh umat manusia akan mengikat rambut, mengabaikan wahyu, sehingga awan dan angin rela dijual karena tidak ada hujan ketika memasuki musim yang tepat. Dan awan gelap membuat seluruh langit malam, angin panas dan angin dingin seketika muncul, membawa buah dan biji jagung, bahkan hujan pada waktu yang ditentukan tidak turun, hujan juga lebih berbahaya daripada air, air dari sungai dan mata air akan berkurang dan tidak naik kepermukaan. 
Dan binatang pembawa beban, sapi dan domba, melahirkan lebih menyakitkan dan canggung, hanya sedikit yang selamat, rambut kasar dan kulitnya tipis, susu tidak berlimpah dan kurang krim, kekuatan sapi berkurang, kelincahan dan kecepatan kuda berkurang. 
Dan pada orang-orang memasuki waktu yang membingungkan, Oo... Zartosht, yang mengenakan benang suci pada korset pinggang, kejahatan terlihat di pemerintahan dan banyak penghakiman palsu telah datang sebagai angin dalam kehidupan yang tidak mungkin, dan mereka mencari kematian sebagai anugerah, pemuda dan anak-anak khawatir, bergosip dan hati bersukacita tidak muncul diantara mereka. 
Dan mereka berlatih perayaan yang ditunjuk nenek moyang mereka, pendamaian dari malaikat, doa-doa dan upacara festival musim dan roh para wali, diberbagai tempat, namun apa yang mereka latih tidak dipercaya, mereka tidak memberikan imbalan sah, tidak memberikan hadiah dan sedekah, dan bahkan mereka tidak bertobat lagi. Bahkan orang-orang dari agama yang baik, yang telah dihormati agama baik dari Mazdayasnians dan dilanjutkan sesuai dengan cara-cara dan adat istiadat, tidak percaya agamanya sendiri. 
Dan kemuliaan, kebesaran dan amal, berbudi luhur di negara dan wilayah mereka sendiri, akan berangkat dari tempat asal mereka dan menjauhi berhala. Keinginan mereka memohon sesuatu perubahan dari hina dan keji, jatuh miskin dan ketidakberdayaan, melalui mereka sembilan dari sepuluh orang ini akan binasa pada Kuartal Utara. Melalui cara mereka semuanya menuju ketiadaan dan kemiskinan, kesembronoan dan kelemahan, dan bumi membuka lebar mulutnya, setiap permata dan logam terkena, seperti emas dan perak, kuningan, timah, serta timbal. 
Dan aturan dan kedaulatan pindah ke budak, seperti Turki dan tentara non-Turanian, gejolak mulai mendaki gunung, dan Chini, Kavuli, Softi, Ruman, dan Karmak berpakaian putih kemudian mencapai kedaulatan negara Iran, dan kehendak dan kesenangan mereka akan menjadi saat-saat menyenangkan di dunia. Kedaulatan akan datang kepada mereka yang memakai ikat pinggang kulit dan Arab dan Ruman, mereka akan memerintah dengan buruk, ketika mereka membunuh orang benar yang berbudi luhur dan lalat, maka semua salah di mata mereka. Keamanan, ketenaran, dan kemakmuran, negara dan keluarga, kekayaan dan hasil karya, sungai dan sumber air di Iran, orang-orang dari agama yang baik, datang ke orang-orang non-Iran, tentara datang kepada mereka, dan aturan dengan hasrat murka untuk kemajuan di dunia.

Dan mata mereka condong pada ketamakan yang tidak puas dengan kekayaan, dan mereka menimbun kekayaan dunia, menyembunyikannya di bawah tanah, melalui kejahatan mereka melakukan sodomi, menjalin banyak hubungan dengan wanita menstruasi dan nafsu yang tidak alami. Dan dalam waktu yang membingungkan dimalam yang cerah, tahun, bulan, dan hari akan berkurang sepertiga. Di Bumi muncul penderitaan, kematian, dan kemiskinan menjadi lebih parah dari sebelumnya yang pernah ada di dunia. Ini yang Ku ramalkan, Bahwa roh jahat, ketika baginya binasa, menjadi lebih menindas dan lebih tirani.

Referensi


Sacred Books of the East, volume 5, Oxford University Press, 1897; translated by E W West. Zarthushtra The Great, Scuola di atene, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.