Ads Top

Fosil Kehidupan Kuno Bisa Ditemukan Di Bulan?


Bagaimana jika fosil di bulan ternyata memiliki masa lalu yang sama dengan bumi? Segala bentuk kehidupan kuno pernah mengisi permukaan bulan, setidaknya seorang fisikawan University of Kent.mulai membuktikannya melalui sebuah proses yang menggunakan replika meteorit.

Dalam setudi ini, fisikawan University of Kent telah menguji dan mendapatkan jawaban yang akan terjadi jika sepotong batu mengandung fosil mikroskopis dari Bumi diluncurkan ke ruang angkasa dengan tekan permukaan bulan. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, dan membuat ilmuwan lain berkesempatan mendalami analisis selanjutnya.

Benarkah Fosil Kehidupan Kuno Berada Di Bulan?


Selama beberapa dekade, ilmuwan telah menganalisa beberapa sampel meteorit Bulan terutama yang pernah dibawa dalam misi Apollo sebelumnya. Sampel batu bulan dianggap memiliki kehidupan mikroskopis, atau bahkan permukaan bulan pernah dipenuhi kehidupan seperti bumi. Walaupun teori ini belum pernah terbukti, tapi kali ini fisikawan telah berusaha membuktikannya melalui percobaan yang melibatkan fosil batu meteor.

Fosil Bulan

Untuk menguji kebenaran adanya kehidupan masa lalu dipermukaan bulan, Profesor Mark Burchell dan peneliti dari University's Centre for Astrophysics membuat simulasi dengan kondisi yang akan menciptakan diatom, ganggang mikroskopis berisi kerang, dan mungkin akan ditemukan jika bepergian dalam perjalanan dari bumi ke bulan.

Fosil batu bulan diubah menjadi bubuk yang dicampur dengan air dan membeku, hal ini berguna untuk meniru meteoroid. Replika Meteoroid kemudian ditembakkan ke kantong air menggunakan pistol bertenaga gas besar agar mengalami dampak seperti peluncuran ke orbit. Sementara perlambatan kecepatan dan tekanan tinggi tercipta karena memukul air yang dianggap telah menabrak bulan dengan kecepatan tinggi.

Riset ini memembuktikan, jika meteorit bumi yang pernah ditemukan di bulan, tentunya dengan cara sama seperti meteorit Bulan yang ditemukan di bumi, maka kemungkinan mengandung fosil dari masa lalu bumi. Meskipun ide ini telah diungkapkan selama lebih dari satu dekade, para peneliti telah mendapatkan petunjuk melalui simulasi ledakan yang pernah terjadi dipermukaan bumi, dan bisa menjelaskan makhluk apa saja yang pernah hidup di Bulan dan Bumi.

Referensi


Fossils could be discovered on the moon, 29 July 2014, by University of Kent. Journal Ref: Survival of fossils under extreme shocks induced by hypervelocity impacts. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.