Ads Top

Trombosit Darah Manusia Diproduksi, Tak Perlu Lagi Pendonor


Dimasa depan manusia tidak perlu mendonorkan darahnya untuk membantu orang lain. Baru-baru ini, ilmuwan Brigham and Women's Hospital (BWH) telah mengembangkan Platelet Bioreaktor, generasi berikutnya untuk menghasilkan trombosit darah manusia. Penelitian ini merupakan terobosan baru sekaligus kemajuan dalam bidang biomedis yang akan membantu kebutuhan transfusi darah diseluruh dunia.

Menurut Jonathan Thon, PhD Hematologi BWH, kemampuan untuk menghasilkan sumber alternatif trombosit manusia tanpa penularan penyakit merupakan pergeseran paradigma yang memungkinkan manusia memenuhi kebutuhan transfusi darah yang terus meningkat. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Blood, edisi 21 Juli 2014 yang ditulis oleh Jonathan Thon.

Produksi Skala Besar Trombosit Darah Manusia


Menurut ilmuwan, lebih dari 2,17 juta unit trombosit darah dari donor ditransfusikan warga Amerika Serikat setiap tahunnya untuk mengobati pasien yang menjalani kemoterapi, transplantasi organ dan operasi, serta orang-orang yang membutuhkan transfusi darah setelah memasuki trauma besar. Namun disisi lain, peningkatan permintaan trombosit darah manusia terbatas hanya sampai lima hari. Resiko kontaminasi, penolakan dan infeksi penyakit telah membuat kekurangan pasokan trombosit darah.

William Savage, MD PhD mengatakan, Platelet Bioreactor yang diciptakan secara teoritis memiliki beberapa keunggulan dibandingkan donor darah konvensional, khususnya dalam hal pemanfaatan keamanan dan sumber daya.  Faktor utama yang membatasi kemampuan manusia adalah pertumbuhan trombosit, masalah utama yang memperlambat kemajuan penelitian klinis. Penelitian ini membahas kesenjangan bioreaktor dan donor darah yang berkontribusi dalam hal pemahaman biologi trombosit darah.

Trombosit Darah Manusia

Sel-sel darah, seperti trombosit yang dibuat ditulang sumsum. Sementara Bioreaktor (perangkat yang meniru lingkungan biologis untuk melakukan reaksi pada skala memproduksi) menggunakan rekayasa biologis yang sepenuhnya mengintegrasikan komponen utama pada tulang sumsum, baik secara komposisi dan karakteristik aliran darah. Platelet Bioreaktor merekapitulasi fitur pembeku pada tulang sumsum, komposisi matriks ekstraseluler, ukuran mikro-channel, dan stabilitas aliran darah akan ditemukan sel hidup yang menghasilkan trombosit darah manusia.

Joseph Italiano, Jr PhD menyatakan, penerapan gaya geser aliran darah dalam bioreaktor memicu peningkatan dramatis dalam inisiasi trombosit, dari 10 persen menjadi 90 persen, yang menyebabkan produksi trombosit manusia berfungsi. Kemampuan mengembangkan perangkat tulang sumsum merupakan jembatan penting yang menghubungkan pemahaman baru tentang pemicu fisiologis pembentukan trombosit darah. 

Semua ini berguna untuk mendukung pengembangan obat dan produksi trombosit darah skala besar. Dimana langkah selanjutnya, para ilmuwan ingin memulai fase pengujian klinis pada tubuh manusia, diharapkan akan dimulai pada tahun 2017. Peraturan yang ketat akan ditetapkan untuk produk darah dan kualitas trombosit darah yang diproduksi.

Referensi


Scientists successfully generate human platelets using next-generation bioreactor, 21 July 2014, by Brigham and Women's Hospital via EurekAlert!. Journal Ref: Platelet bioreactor on a chip. Blood, July 2014. Images courtesy of Malota-Shutterstock, Wellcome Library.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.