Ads Top

Rekonstruksi Tengkorak Vertebrata Primitif 300 Juta Tahun Lalu


Para pakar paleontologi dari Natural History Museum dan akademisi asal university of Lincoln, Cambridge serta Solvakia berhasil merekonstruksi struktur tengkorak vertebrata primitif yang hidup sekitar 308 juta tahun lalu. Spesis ini mirip kadal yang bisa menjadi contoh reptil awal dan menjelaskan asal-usul semua vertebrata primitif termasuk reptil, burung dan mamalia.

Penelitian ini dipimpin Dr Marcello Ruta dari School of Life Sciences, University of Lincoln, Inggris, dimana hasil analisa diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology yang menghasilkan serangkaian rekonstruksi struktur tengkorak vertebrata primitif, Gephyrostegus.

Rekonstruksi Tengkorak Vertebrata Primitif, Carboniferous Gephyrostegus


Gephyrostegus adalah genus punah yang termasuk kedalam Gephyrostegid reptiliomorph amfibi, hewan kecil panjangnya 22 centimeter yang umumnya mirip kadal. Bola mata terlihat besar, gigi runcing, yang membuktikan vertebrata primitif ini pemburu insectivorious aktif. Fosil yang telah ditemukan di Nyran, Republik Ceko, berasal dari kehidupan sekitar 310 juta tahun yang lalu.

Pada awalnya spesis ini diduga Seymouriamorph, posisi filogenetik tidak pasti, dan saat ini termasuk kedalam keluarga Gephyrostegidae bersama dengan genus Bruktererpeton.  Beberapa penelitian filogenetik menunjukkan bahwa Gephyrostegus tidak mirip dengan Amniota, jauh lebih awal daripada diadectomorphs, lepospondyls dan seymouriamorphs.

Rekonstruksi sejarah, Vertebrata Primitif

Tim ahli paleontologi yang tergabung dalam penelitian ini telah merekonstruksi tengkorak baru vertebrata primitif berkaki yang sudah lama punah (Tetrapod). rekonstruksi ini diperoleh dari spesimen yang sebelumnya tidak dikenal, ditemukan dalam deposit batubara di Republik Ceko. 

Ilmuwan menganalisis fitur struktural tengkorak Carboniferous Gephyrostegus Bohemicus Akhir, hewan kecil ini umumnya mirip kadal dan hidup 308 juta tahun yang lalu. Tetrapod awal ini bisa menjadi contoh reptil pertama dan menjelaskan asal usul Amniota, semua vertebrata primitif yang berasal dari reptil, burung dan mamalia.

Para ilmuwan telah mempelajari spesimen tambahan tersedia yang ditemukan pada analisis sebelumnya. Tujuannya untuk memberikan analisis antara hubungan Tetrapod awal dan pengamatan Gephyrostegus. Analisis ini menggunakan kerangka sampel kelompok Tetrapoda awal guna mengidentifikasi kemungkinan hubungannya dengan Gephyrostegus. 

Dr Marcello Ruta mengatakan, Gephyrostegus merupakan vertebrata primitif yang sulit dipahami, beberapa peneliti telah lama dianggap memiliki fitur reptil awal. Gephyrostegus mungkin berasal dari keturunan amniote, rekonstruksi tengkorak ini menjelaskan bahwa Gephyrostegus berkaitan erat dengan kelompok lain Eurasiatik dan tetrapoda Amerika Utara yang disebut seymouriamorphs. 

Referensi


Science and art bring back to life 300 million-year-old specimens of a primitive reptile-like vertebrate, 21 july 2014, by University of Lincoln. Journal Ref: Cranial anatomy, ontogeny, and relationships of the Late Carboniferous tetrapod Gephyrostegus bohemicus Jaekel, 1902. Journal of Vertebrate Paleontology, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.