Ads Top

Pohon Pelindung Kota Selamatkan 850 Manusia Setahun


Studi terakhir ilmuwan US Forest Service dan kolaborator telah memperkirakan bahwa pohon pelindung meyelamatkan lebih dari 850 manusia dalam setahun dan mencegah 670,000 gejala pernapasan akut. Menurut studi ini, pohon pelindung yang tertanam didaerah perkotaan lebih penting daripada pohon pedesaan karena fungsi dan manfaatnya dapat langsung dirasakan warga kota. 

Sementara itu, pencegahan polusi melalui pohon pelindung disamakan dengan peningkatan kualitas udara rata-rata kurang dari 1 persen sebagai dampak perbaikan substansial. Ilmuwan memperkirakan kerugian polusi udara terhadap kesehatan manusia hampir mencapai 7 triliun dollar pertahun, studi ini diterbitkan dalam jurnal Environmental Pollution.

Pohon Pelindung Kota Lebih Penting Daripada Hutan?


Dave Nowak dan Eric Greenfield, dua ilmuwan berasal US Forest Service's Northern Research Station dan Satoshi Hirabayashi dan Allison Bodine dari Davey Institute, mereka menghubungkan pengaruh polusi udara dengan efek kesehatan manusia yang lebih baik dan hubungan nilai-nilai kesehatan.
Ilmuwan berpendapat, polusi udara secara substansial lebih tinggi didaerah pedesaan daripada daerah perkotaan, namun efek pada kesehatan manusia terasa lebih besar didaerah perkotaan dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Pohon Pelindung Kota

Diperkirakan lebih dari 80 persen orang Amerika tinggal didaerah perkotaan, dan ilmuwan menggarisbawahi bahwa hutan sangat penting bagi manusia. Perkiraan ini berdasarkan informasi dan peralatan yang dikembangkan oleh US Forest Service yang selama ini berkontribusi untuk masyarakat dalam menilai dan mengelola 138 juta hektar pohon pelindung dan hutan.

Hasil penelitian menetapkan empat polutan dengan standar kualitas udara yaitu Nitrogen dioksida, ozon, sulfur dioksida, dan partikel kurang dari diameter aerodinamis 2,5 mikron (PM2.5). Efek kesehatan yang berkaitan dengan polusi udara berdampak pada paru, jantung, pembuluh darah, dan sistem saraf. Di Amerika Serikat, sekitar 130,000 kematian disebabkan partikel PM2.5, dan 4700 kematian terkait polusi udara pada lapisan ozon pada tahun 2005.

Manfaat hutan berbeda dengan pohon pelindung diseluruh kota, pohon pelindung di Amerika Serikat diperkirakan mencapai 34,2 persen. Tetapi bervariasi mulai dari 2,6 persen di North Dakota dan 88,9 persen di New Hampshire. Menurut Nowak, dalam hal dampak terhadap kesehatan manusia, pohon didaerah perkotaan secara substansial lebih penting daripada pohon pedesaan karena efek dan kedekatannya bisa langsung dirasakan warga kota. 

Secara umum, semakin besar pohon pelindung maka semakin besar pengurangan polusi, dan semakin besar pengurangan kepadatan penduduk, serta semakin besar nilai manfaat kesehatan manusia. Dan sebaiknya setiap kota besar mempersiapkan penanaman pohon pelindung dipinggir jalan maupun ditaman-taman, bahkan setiap rumah, karena efeknya akan sangat membantu mengurangi polusi udara sekaligus menyelamatkan ratusan manusia.

Referensi


First national study finds trees saving lives, reducing respiratory problems: Air pollution modeling reveals broad-scale impacts of pollution removal by trees, 25 Julty 2014, by USDA Forest Service - Northern Research Station. Trees in St Claire, image courtesy of writinginatree

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.