Ads Top


Ditemukan Semburan Gelombang Radio Misterius Dari Galaksi Lain

Ilmuwan menemukan dan menangkap semburan gelombang radio cepat sepersekian detik menggunakan teleskop radio Arecibo di Puerto Rico, temuan ini memberi bukti baru pulse misterius yang datang dari luar angkasa.

Penemuan ini diterbitkan dalam Astrophysical Journal edisi 10 Juli 2014, untuk pertama kalinya mereka mendeteksi semburan gelombang radio cepat menggunakan instrumen selain teleskop radio Parkes Australia. Ilmuwan menggunakan peralatan Parkes Observatory mencatat beberapa peristiwa tersebut, namun tidak adanya temuan serupa oleh fasilitas lain justru menimbulkan spekulasi bahwa instrumen Australia mungkin telah menangkap sinyal yang berasal dari sumber didekat Bumi.

Teleskop Radio Tangkap Semburan Gelombang Radio Cepat


Penemuan ini dilakukan sebagai bagian dari survey Pulsar Arecibo L-Band Feed Array (PALFA), yang bertujuan menemukan sampel besar pulsar dan menemukan benda-benda langka yang berguna untuk menyelidiki aspek-aspek fundamental dari bintang neutron dan pengujian teori fisika gravitasi. Saat ini para ilmuwan sedang mengupayakan pendeteksian semburan gelombang radio cepat menggunakan teleskop radio. Beberapa teleskop yang sedang dibangun di Australia dan Afrika Selatan serta teleskop CHIME di Kanada memiliki potensi untuk mendeteksi semburan gelombang radio cepat. Fasilitas baru ini bisa membuka peluang lebih banyak dalam menemukan dan memahami fenomena kosmik misterius.

Menurut Victoria Kaspi, seorang profesor astrofisika di McGill University di Montreal, semburan gelombang radio cepat ini benar-benar berasal dari kosmik, gelombang radio luar angkasa merupakan prospek yang menarik. Belum diketahui penyebab semburan radio, hal ini menjadi teka-teki besar dikalangan astrofisikawan. Kemungkinan mencakup berbagai benda astrofisika eksotis, seperti penguapan lubang hitam, merger bintang neutron, flare dari magnetar atau jenis bintang neutron diiringi medan magnet yang sangat kuat. Kemungkinan lain, mereka jauh lebih terang dari semburan pulse raksasa dibandingkan beberapa pulsar.

Teleskop Radio, Arecibo Observatory, semburan gelombang radio

Pada tanggal 2 November 2012 pulse tidak biasa terdeteksi di Arecibo Observatory, sebuah fasilitas National Science Foundation yang menawarkan peralatan terbesar dan paling sensitif didunia teleskop radio, dilengkapi cermin-radio seluas 305 meter dan mencakup wilayah sekitar 20 hektar.
Semburan gelombang radio cepat berlangsung hanya seperseribu detik dan jarang terdeteksi, tim ilmuwan mengkonfirmasi perkiraan sebelumnya bahwa semburan kosmik misterius terjadi sekitar 10,000 kali sehari diangkasa. Kecerahan, durasi, dan tingkat infrared, semua konsisten dengan sifat-sifat semburan sebelumnya yang terdeteksi oleh teleskop Parkes di Australia. Semburan gelombang radio cepat tampaknya berasal dari luar galaksi Bima Sakti didasarkan pada pengukuran efek yang dikenal sebagai dispersi plasma. 
Pulse yang berjalan melalui kosmos dibedakan berdasarkan gangguan buatan manusia oleh efek elektron antar bintang. Hal ini menyebabkan gelombang radio merambat lebih lambat pada frekuensi radio yang lebih rendah. Semburan yang terdeteksi teleskop Arecibo memiliki tiga kali ukuran dispersi maksimum, diharapkan bersumber dari galaksi luar Bima Sakti.

Referensi


Radio-burst discovery deepens astrophysics mystery, 10 July 2014, by McGill University. Journal Ref: Fast Radio Burst Discovered in the Arecibo Pulsar ALFA Survey. The Astrophysical Journal, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.