Ads Top


Teleskop Herschel Temukan Bintang Dan Cincin Aneh

Eksplorasi luar angkasa tampaknya terus dikejutkan dengan temuan aneh, salah satunya Herschel Space Observatory, salah satu teleskop luar angkasa telah menemukan bintang muda baru lahir dan cincin aneh terbentuk dari debu gas yang disebut NGC 7538. Pengamatan ini mengungkap berbagai gumpalan material, lusinan bintang muda mungkin berkembang menjadi jenis yang paling kuat di alam semesta.

Herschel merupakan misi Badan Antariksa Eropa dilengkapi dengan instrumen pengetahuan yang disediakan lembaga Eropa dan NASA. Observatorium ini berhenti mengamati angkasa pada April 2013 setelah kehabisan cairan pendingin, tetapi ilmuwan terus menganalisis data yang telah diperoleh. 

Pengamatan Teleskop Herschel Temukan Bintang Muda


Menurut Cassandra Fallscheer, profesor astronomi dari Universitas Whitman, mereka menemukan NGC 7538 menggunakan teleskop Herschel dan mengidentifikasi 13 bintang masif, sebuah gumpalan padat dimana bintang kolosal bisa saja terbentuk di masa mendatang. Astronom juga telah menemukan struktur cincin raksasa dan hal aneh dimana mereka sama sekali tidak yakin apa yang menciptakannya.

NGC 7538 relatif dekat berjarak sekitar 8800 tahun cahaya dan terletak di konstelasi Cepheus. Massa awan debu berkisar 400,000 kali matahari dan sedang menjalani intens formasi bintang. Astronom yang terlibat dalam penelitian ini secara langsung mempelajari pembibitan bintang seperti NGC 7538 yang berguna untuk mempelajari bagaimana penciptaam bintang. 

NGC 7538, bintang muda

Cincin berdebu itu berbentuk oval, dengan sumbu terpanjang sekitar 35 tahun cahaya dan sumbu terpendek sekitar 25 tahun cahaya. Ilmuwan memperkirakan massa cincin sekitar 500 matahari dan data tambahan dari James Clerk Maxwell Telescope - Mauna Kea Observatory-Hawaii, telah membantu mencirikan bentuk mirip telur. 

Astronom sering melihat cincin dan struktur gelembung seperti awan debu kosmik. Angin angkasa terhembus bintang paling masif yang disebut 'bintang O' dan menghasilkan kepulan asap berkembang, begitupula ketika mengalami ledakan bintang atau supernova. Tapi tidak ada sumber energi atau sisa-sisa dari bintang O, seperti bintang neutron jelas dalam pusat dari cincin ini. Kemungkinan bintang besar melepas gelembung dan semua bintang berpindah dari orbitnya.
Dalam pengamatan, ada dua jenis bintang muda yang paling besar, type-O dan type-B berwarna biru cerah dan sangat panas. Bintang ini berumur pendek yang akhirnya meledak dan meninggalkan jejak bintang neutron yang sangat padat atau bahkan lebih padat daripada lubang hitam.
Bintang ini dari mengandung gas, berkelompok dengan massa awal puluhan kali lebih besar dari matahari. 13 rumpun terlihat di NGC 7358, beberapa bintang muda diantaranya terletak di sepanjang tepi cincin misterius dan 40 kali lebih besar dari matahari. Gravitasi berkembang lebih padat dan lebih panas pada inti cincin hingga fusi nuklir menyatu dan melahirkan bintang baru. Di awal proses pembentukan bintang, rumpun bintang cukup dingin hanya beberapa puluh derajat di atas nol dan memancarkan radiasi rendah energi.

Referensi


Herschel Sees Budding Stars and a Giant, Strange Ring, 12 June 2014, by NASA/Jet Propulsion Laboratory. Journal Ref: Herschel Reveals Massive Cold Clumps in NGC 7538. The Astrophysical Journal, 2013.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.