Ads Top

Jubah Tembus Pandang Terbaru Anti Indera Perasa


Jubah tembus pandang tampaknya terus dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir, terutama anti indra manusia. Obyek yang tertutup jubah dapat disembunyikan dari cahaya, panas ataupun suara. Tetapi  menyembunyikan objek dari sentuhan masih tetap harus disempurnakan.

Para ilmuwan asal Karlsruhe Institute of Technology kini telah berhasil menciptakan volume dimana objek yang berada didalam jubah tembus pandang tidak dapat disentuh, seakan-akan mirip dengan kacang disembunyikan dibawah kasur yang sulit ditemukan. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications edisi akhir Juni 2014.

Jubah Tembus Pandang Tak Dapat Dirasakan Sentuhan Jari


Institut Teknologi Karlsruhe (KIT) adalah perusahaan publik sesuai dengan undang-undang negara bagian Baden-Württemberg yang berguna untuk memenuhi misi universitas dan misi pusat penelitian nasional Helmholtz Association. Kegiatan penelitian terfokus pada energi, lingkungan alam dan mencakup seluruh jangkauan aspek fundamental aplikasi. Setdaknya ada sekitar 9400 karyawan KIT, termasuk lebih dari 6000 anggota staf sektor ilmu dan pendidikan dan 24500 siswa. KIT merupakan salah satu institusi pendidikan dan penelitian terbesar di Eropa, didasarkan pada penelitian, pengajaran, dan inovasi.

jubah tembus pandang

Sejak dahulu hingga kini, penyihir dan ilusionis membuat ilusi menghilang dengan cara terampil menggunakan delusi mental dan taktik pengalihan. Justru sebaliknya, yang dilakukan para peneliti Karlsruhe Institute of Technology menciptakan jubah tembus pandang berdasarkan hukum fisika, membuat objek hampir tak tersentuh. Dalam beberapa tahun terakhir berbagai jubah tembus pandang fisik dikembangkan, misalnya jubah tembus pandang optik mampu membuat obyek tak terlihat tetapi panas ataupun suara masih bisa terdeteksi. 

Jubah tembus pandang didasarkan pada metamaterial yang terdiri dari polimer. Menurut Tiemo Buckmann, sifat utamanya ditentukan struktur khusus, ilmuwan menciptakan struktur disekitar objek yang akan disembunyikan. Dalam struktur ini kekuatan tergantung pada lokasi dengan cara yang ditentukan. Ketepatan komponen dikombinasikan dengan ukuran susunan lengkap merupakan salah satu kendala besar dalam pengembangan jubah tembus pandang mekanis. 
Metamaterial merupakan bahan kristal terstruktur dengan akurasi sub-mikrometer, terdiri dari bentuk kerucut mirip jarum yang ujungnya bertemu. Ukuran dari titik kontak dihitung secara tepat untuk mencapai sifat mekanik yang diinginkan. Melalui cara ini, struktur jubah tembus pandang yang dihasilkan terlihat sempurna, dimana jari manusia atau instrumen pengukuran tidak akan mampu merasakan objek.
Jubah tembus pandang dibuat dari silinder keras yang dimasukkan ke lapisan bawah, setiap objek yang akan disembunyikan dapat dimasukkan ke dalam rongga. Jika busa ringan atau lapisan kapas ditempatkan di atas silinder keras, silinder akan lebih sulit disentuh. Struktur metamaterial mengarahkan kekuatan sentuhan jari sehingga silinder tersembunyi sepenuhnya. 

Pembuatan jubah tembus pandang mekanik agak rumit, setelah menggunakan definisi sifat mekanik, persamaan dasar fisik terbalik matematis juga berguna untuk menarik kesimpulan sehubungan dengan struktur metamaterial. Dengan menggunakan kedua metode ini, bahan yang tidak ditemui di alam dapat diciptakan. Contohnya, materi padat yang kaku terhadap tekanan tapi bisa bergeser lembut. Dalam pembuatan materi dari polimer, metode laser langsung diterapkan melalui peralatan Nanoscribe spin-off KIT. Tehnik ini mencapai presisi sampel lebih panjang beberapa milimeter.

Pembuatan jubah tembus pandang merupakan salah satu penelitian dasar fisika murni, tetapi mungkin saja telah membuka pintu aplikasi yang menarik dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini memungkinkan produksi bahan dengan sifat mekanik dapat dipilih secara bebas, misalnya materi sangat tipis, ringan, dan karpet yang mampu menyembunyikan kabel dan pipa.

Referensi


KIT Researchers Protect the Princess from the Pea, 19 June 2014, by Karlsruhe Institute of Technology. Journal Ref: An elasto-mechanical unfeelability cloak made of pentamode metamaterials. Nature Communications, 2014. The Invisible Man, image courtesy of Vectro Ave.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.