Ads Top

100 Juta Planet Bima Sakti Mendukung Kehidupan


Setidaknya sekitar 100 juta planet di galaksi Bima Sakti dapat mendukung kehidupan kompleks diatas tingkat mikroba. Pernyataan ini diungkapkan sekelompok astronom dimana mereka telah mengembangkan metode perhitungan baru untuk memeriksa data planet yang mengorbit bintang lain di alam semesta.

Studi ini memberikan gambaran kuantitatif jumlah planet di galaksi Bima Sakti bisa menopang kehidupan di atas tingkat mikroba. Yim ilmuwan yang tergabung diantaranya Alberto Fairen dari Cornell University, Louis Irwin dari University of Texas, Abel Mendez dari University of Puerto Rico, dan Dirk Schulze Makuch dari Washington State University. Hasil penelitian mereka diterbitkan dalam jurnal Challenges edisi Juni 2014. 

Kehidupan Mikroba Diantara 100 Juta Planet Bima Sakti


Menurut Alberto Fairen, studi ini tidak menunjukkan kehidupan yang kompleks ada beberapa planet Bima Sakti. Pada dasarnya banyak teori yang menyatakan kondisi planet apa saja yang bisa mendukung kehidupan. Misalnya exoplanet dengan kondisi berair dan memiliki awan atau atmosfer, dimana manusia sebagai makhluk cerdas bisa berkembang disana. Tetapi sampai saat ini, tidak ada kandidat yang mirip dengan permukaan Bumi.

Bima Sakti

Kehidupan kompleks bukan berarti ada kehidupan cerdas meskipun tidak ada teori yang menjelaskan demikian. Akan tetapi organisme yang lebih besar dan lebih kompleks daripada mikroba bisa berkembang dalam beberapa bentuk yang berbeda. Misalnya organisme yang membentuk jaring makanan stabil seperti yang ditemukan di ekosistem di Bumi.

Tim ilmuwan yang tergabung dalam penelitian ini mensurvei lebih dari 1000 planet dan menggunakan rumus untuk mempertimbangkan kepadatan planet, suhu, substrat (cair, padat atau gas), kimia, jarak dari bintang dan usia planet. Dari informasi yang mereka dapatkan, para ilmuwan mengembangkan dan menghitung kompleksitas indeks Biologi (Biological Complexity Index - BCI).
Perhitungan BCI mengungkapkan bahwa 1 hingga 2 persen planet-planet yang diperiksa menunjukkan rating BCI lebih tinggi daripada Europa (salah satu bulan Jupiter diperkirakan memiliki permukaan laut yang mungkin mendukung kehidupan). Sekitar 10 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, data penelitian BCI menghasilkan 100 juta planet mungkin mendukung kehidupan diatas tingkat mikroba.
Menurut para ilmuwan, meskipun beberapa planet bisa menopang kehidupan yang kompleks, luas Bima Sakti cukup besar sehingga planet-planet dengan nilai BCI tinggi sangat berjauhan. Salah satu sistem ekstrasurya yang paling dekat dan paling menjanjikan disebut Gliese 581, sistem ini memiliki dua planet dengan kapasitas biosphere kompleks. Tetapi jarak sistem surya Gliese 581 ke Bumi diperkirakan sekitar 20 tahun cahaya.

Tidak seperti teori ataupun hipotesis yang sering dilontarkan kalangan astronom lain, para ilmuwan yang tergabunga dalam peneliatian ini berpendapat bahwa makhluk cerdas (manusia) hanya ada di Bumi, kehidupan planet lain di Bima Sakti hanya memungkinkan untuk perkembanngan mikroba. Dan mereka tidak yakin adanya pertemuan dengan alien di masa mendatang, semua itu mustahil karena tak ada makhluk cerdas diluar Bumi.

Referensi


Milky Way may bear 100 million life-giving planets, 03 June 2013, by Cornell University. Journal Ref: Assessing the Possibility of Biological Complexity on Other Worlds, with an Estimate of the Occurrence of Complex Life in the Milky Way Galaxy. Challenges, 2014. Milky Way and Andromeda galaxy, image courtesy of NASA.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.