Ads Top


Gugus Galaksi Terbesar Terdiri dari 19 Galaksi

Struktur dan populasi bintang masif mulai terlihat seiring bertambahnya usia, bagaimana galaksi terbentuk dan berevolusi ternyata masih menjadi hal misterius dikalangan astronom. Banyak galaksi tua dan paling besar berada dalam gugus besar dimana beberapa galaksi ditemukan terkonsentrasi bersama-sama

Gugus galaksi alam semesta awal dianggap sebagai kunci untuk memahami siklus hidup galaksi tua, tapi sampai saat astronom hanya menemukan segelintir galaksi langka. Tim internasional yang tergabung dalam penelitian ini diantaranya Newman, Andreon, Ginevra Trinchieri dari Osservatorio Astronomico-Brera, Richard Ellis dari Caltech, Tommaso Treu dari University of California-Santa Barbara, dan Anand Raichoor dari Observatorie-Paris. Penelitian ini dipimpin oleh Carnegie Andrew Newman telah menenemukan tanda-tanda gugus galaksi yang sangat jauh, gugus galaksi ini disebut JKCS 041 dimana hasil analisis diterbitkan dalam The Astrophysical Journal edisi May 2014.

JKCS 041, Gugus Galaksi Terbesar Berjarak 9,9 Miliar Tahun Cahaya


Menurut Newman, pengamatan ini telah membuat gugus galaksi JKCS 041 menjadi salah satu struktur yang paling dipelajari yang terkait alam semesta awal. Tim ilmuwan mulai mempelajari gugus galaksi JKCS 041 pada tahun 2006, imuwan mulai mengamatinya dengan berbagai teleskop dunia yang paling mutakhir untuk mengkonfirmasi jarak. 

Gugus Galaksi JKCS 041, gugus galaksi terbesar

Para peneliti menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble untuk menangkap gambar tajam dari gugus terjauh dan membagi cahaya bintang dari galaksi atau menggunakan teknik yang dikenal sebagai spektroskopi. Mereka menemukan 19 galaksi pada jarak yang sama sekitar 9,9 miliar tahun cahaya, hal ini menandakan bahwa kelompok itu merupakan gugus galaksi awal. 
Dalam penelitian sebelumnya, ilmuwan menggunakan teknologi X-ray Chandra Observatory dan ditemukan emisi sinar-X di lokasi JKCS 041. Stefano Andreon mengatakan bahwa sinar-X kemungkinan berasal dari gas panas yang berada di JKCS 041. Dimana gas yang telah dipanaskan mencapai suhu sekitar 80 juta derajat disebabkan gravitasi dari gugus galaksi terbesar.

Temuan ini merupakan salah satu gugus galaksi terbesar dan tua yang pernah ditemukan. Tetapi masih ada tanda tanya besar dikalangan astronom, kapan dan mengapa galaksi raksasa berhenti membentuk bintang baru? Ketika galaksi di gugus JKCS 041 berusia hanya 1 miliar tahun atau 10 persen dari usianya saat ini, maka sebagian besar galaksi sudah memasuki fase diam yang tidak akan membentuk bintang baru.

Setelah galaksi masif memasuki fase diam, galaksi terus berkembang dengan cara bertabrakan dengan satu sama lain dan berkembang menjadi galaksi baru dan bahkan menjadi lebih besar. Gugus galaksi awal diduga menjadi lokasi utama tabrakan, tapi galaksi yang berada di JKCS 041 berkembang ditingkat yang sama seperti galaksi non-gugus.

Referensi


Very Distant Galaxy Cluster Confirmed, 21 May 2014, by Carnegie Institution. Journal Ref: Spectroscopic Confirmation of the Rich z=1.80 Galaxy Cluster JKCS 041 Using the WFC3 Grism: Environmental Trends in the Ages and Structure of Quiescent Galaxies. The Astrophysical Journal, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.