Ads Top


Temuan Pertama, Sistem Cincin Pada Asteroid Chariklo

Ternyata tidak hanya planet Saturnus yang memiliki sistem cincin, tapi baru-baru ini pengamatan tim astronom di Amerika Selatan termasuk ESO La Silla Observatory telah menemukan Asteroid Chariklo dikelilingi oleh dua sistem cincin padat dan sempit. 

Asal usul cincin asteroid masih menjadi misteri, mungkin dua sistem cincin terbentuk dari tabrakan yang secara tidak langsung menciptakan serpihan disk. Hasil penelitian asteroid Chariklo dengan sistem cincin dipublikasikan dalam jurnal Nature pada 26 Maret 2014.

Dua Sistem Cincin Asteroid Chariklo 


Dalam eksplorasi luar angkasa, ilmuwan kerap mengamatai benda yang beredar di sistem tata surya matahari termasuk planet yang memiliki sistem cincin. Tapi tidak ada benda kecil lain yang memiliki fitur disk mengorbit pada mataharim pengamatan pada asteroid Chariklo telah menunjukkan bukti bahwa objek tersebut juga dikelilingi oleh dua sistem cincin halus.

Sistem Cincin, Asteroid Chariklo

Asteroid Chariklo adalah anggota terbesar dalam kelas Centaurs dan mengorbit diantara Saturnus dan Uranus diluar tata surya kita. Orbit Centaurs sudah ada selama jutaan tahun dan sering terganggu, dimana asteroid yang berada disana lebih banyak daripada asteroid yang ada diantara planet Mars dan Jupiter, dan kemungkinan asteroid berasal dari Kuiper Belt.

Prediksi astronom menunjukkan bahwa asteroid tersebut akan melintas di depan bintang UCAC4-248-108672 pada 3 Juni 2013. Fenomena ini terlihat dalam observasi di Amerika Selatan, astronom menggunakan teleskop angkasa di tujuh lokasi berbeda termasuk teleskop Trappist di Denmark dan teleskop ESO di Chile.

Dalam pengamatan itu, astronom mampu melihat bintang yang tampaknya menghilang selama beberapa detik disebabkan cahaya terblokir oleh asteroid Chariklo. Pengamatan dalam beberapa detik, mereka menemukan dua 'Dips' sangat singkat dalam cahanya cemerlang bintang. Sesuatu disekitar asteroid Chariklo menghalangi cahaya, kemudian astronom merekonstruksi bentuk, ukuran, orientasi dan sifat lain dari dua sistem cincin.
Asteroid sistem dua cincin memiliki lebar 7 dan 3 kilometer yang dipisahkan oleh celah selebar 9 kilometer. Dan kemungkinan dua sistem cincin pada asteroid Chariklo memiliki satu bulan kecil.

Referensi


First Ring System Around Asteroid, 26 March 2014, by European Southern Observatory - ESO. Journal Ref: Candidate stellar occultations by Centaurs and trans-Neptunian objects up to 2014. Astronomy & Astrophysics, 2013.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.