Ads Top

Dinosaurus Anzu Wyliei, Spesis Kuno 'Ayam Neraka'


Baru-baru ini ilmuwan panteologi menemukan fosil burung misterius yang disebut dinosaurus Anzu Wyliei. Ilmuwan paleontologi menyebut spesis baru ini sebagai Ayam Neraka, karena bentuknya sangat mirip dengan Burung Setan yang tertulis dalam mitologi kuno. Penemuan ini dianggap yang pertama kali termasuk kelompok dinosaurus misterius, tiga spesimen secara kolektif hampir membentuk keseluruhan kerangka yang memberikan kesempatan kepada ilmuwan untuk mempelajari anatomi dan hubungan evolusioner dinosaurus Theropoda, Caenagnathidae.

Tiga kerangka dinosaurus Anzu Wyliei ditemukan saat penggalian di Dakota Utara dan Selatan, Hell Creek Formation, diperkirakan bebatuan telah terkubur selama 66 juta tahun. Formasi ini cukup banyak menyimpan fosil dinosaurus terkenal seperti Tyrannosaurus Rex dan Triceratops. Selama hampir seratus tahun, peneliti paleontologi tidak mengetahui bentuk asli dinosaurus ini, tapi kini misteri itu mulai terbuka.

Tim paleontologi dipimpin oleh Dr Matthew Lamanna dari Carnegie Museum of Natural History, Pittsburgh. Sementara itu ilmuwan lain juga berkolaborasi termasuk diantaranya Dr Hans Sues, Dr Tyler Lyson dari National Museum Smithsonian Institution of Natural History, dan Dr Emma Schachner dari University of Utah. Hasil penemuan Anzu Wyliei dipublikasikan pada jurnal terbuka PLoS ONE minggu ini.

Dinosaurus Burung Setan, Anzu Wyliei


Ditahun 1924, ahli paleontologi Charles Whitney Gilmore menjelaskan spesis Chirostenotes Pergracilis yang diperoleh dari speasang fosil tangan berusia 74 juta tahun yang ditemukan di Alberta, Kanada. Tahun 1940, berdasarkan fosil rahang aneh ditemukan ditempat yang sama, mereka menyebutnya Caenagnathus Collinsi. Setelah itu, potongan fosil lainnya ditemukan Dr Hans Sues sehingga ahli paleontologi menetapkan Chirostenotes dan Caenagnathus merupakan kelompok dinosaurus yang sama, sepupu dekat Theropoda Oviraptorid dari Asia.

Para peneliti sepakat untuk menetapkan bahwa Caenagnathids, Oviraptorids dan spesis kuno di Cina sangat erat kaitannya. Oviraptorosaurs di Asia dan Amerika Utara terkait karena benua ini pernah terhubung selama Era Mesozoikum (Zaman Dinosaurus). Berkat kerangka dinosaurus Anzu Wyliei, spesis yang dijuluki Ayam Neraka akan memberi peluang terbukanya misteri lain Caenagnathid.

Menurut Dr Lamanna, dinosaurus Anzu Wyliei adalah kerabat jauh Caenagnathid yang paling lengkap pernah ditemukan. Setelah hampir satu abad, ilmuwan akhirnya memiliki fosil lengkap yang terlihat seperti burung, dan bahkan bentuknya aneh dari spesis yang pernah dibayangkan. Ukurannya diperkirakan 11 meter, spesis Anzu Wyliei menyerupai burung raksasa, lebih khas terlihat pada Theropoda seperti T-Rex.

Anzu Wyliei, Burung Setan, Ayam Neraka

Bagian rahang berujung dengan paruh ompong dan kepalanya tinggi, bagian puncak berbentuk bulat mirip dengan spesis Kasuari. Leher dan kaki belakang terlihat panjang dan ramping, sebanding dengan burung Kasuari ataupun burung unta. Meskipun spesimen fosil yang ditemukan hanya berbentuk tulang, tetapi menurut ilmuwan kerabat dekat Anzu Wyliei memiliki bulu. Anzu diduga memiliki cakar tajam dan ekor panjang.

Anatomi Anzu Wyliei memberi petunjuk baru habitat dan lingkungan Caenagnathids, meskipun makanan yang disukai masih belum diketahui. Caenagnathids mungkin omnivora seperti manusia, beberapa kerangka yang telah ditemukan berada di lingkungan lembab dan mungkin mereka menyukai habitat tersebut. Anzu Wyliei menjalani hidup penuh bahaya, mereka berbagi dunia Cretaceous dengan karnivora terkenal dan terganas, T-Rex

Hal ini dibuktikan dari spesimen yang menunjukkan adanya cidera tulang rusuk pernah patah dan sembuh. Dr Schachner mengatakan, spesis Anzu Wyliei mampu bertahan dari trauma, dua spesimen menunjukkan tanda kerusakan yang berangsur sembuh. Mungkin cidera ini diakibatkan dari pertempuran antara dua individu atau serangan predator ganas yang lebih besar.

Referensi


Paleontologists announce discovery of Anzu wyliei, via EurekAlert! 19 March 2014, by Carnegie Museum of Natural History. Journal ref: A New Large-Bodied Oviraptorosaurian Theropod Dinosaur from the Latest Cretaceous of Western North America. PLoS ONE, 2014 DOI: 10.1371/journal.pone.0092022

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.