Ads Top


Zona Layak Huni Planet Bumi Terbentuk Sejak 4,4 Miliar Tahun Lalu

Sejak kapan planet Bumi menjadi zona layak huni? Dengan bantuan sebuah fragmen kristal zircon yang diambil dari batuan terpencil di Australia, ilmuwan memperkirakan planet Bumi menjadi zona layak huni sejak 4,4 miliar tahun yang lalu.

Tim peneliti internasional yang dipimpin Profesor Jhon Valley, seorang ahli geokimia zircon dari University of Wisconsin - Madison Geoscience, telah berhasil meneliti data kerak bumi yang pertama kali terbentuk sekitar 4,4 miliar tahun lalu. Zona layak huni tercipta setelah 160 juta tahun pembentukan tata surya Matahari. Tim ilmuwan menerbitkan analisis ini dalam jurnal Nature Geoscience, 23 Februari 2014.

Kristal Zircon Ungkap Kelahiran Zona Layak Huni Bumi


Menurut Valley, dengan sampel yang ditemukan pada batuan Australia akan semakin menjelaskan keadaan Bumi setelah didinginkan dan menjadi zona layak huni. Analisis ini juga telah membantu peneliti untuk menggambarkan bagaimana kerak bumi terbentuk selama periode Eon Geologi Awal dan bagaimana proses pembentukan planet Bumi.

kristal zircon

Penelitian Valley menegaskan bahwa kristal Zircon yang ditemukan di daerah Jack Hills, Australia Barat telah mengkristal selama 4,4 miliar tahun yang lalu. Studi ini menggunakan penanggalan isotop timbal dan mengidentifikasi fragmen sebagai kristal tertua dari kerak bumi, dan menurutnya fragmen ini juga sebagai bahan tertua yang pernah terbentuk di Bumi.
Dalam penelitian ini setidaknya akan memperkuat teori Bumi Awal, dimana suhu diperkirakan cukup rendah, lautan dan hidrosfer tidak berlangsung lama setelah kerak planet beku dan bebatuan mencair. Bumi telah memiliki hidrosfer sebelum 4,3 miliar tahun yang lalu dan mungkin kehidupan awal menyusul setelah itu.
Analisis ini menggunakan teknik baru yang disebut atom-probe tomografi yang memungkinkan ilmuwan menentukan secara akurat usia dan sejarah termal zirkon, dengan cara menentukan masssa atom timbal dan sampel batuan. Tidak seperti penelitian lainnya, analisis sampel secara acak sehingga mereka menemukan atom dalam zircon mengelompok secara bersama. Dengan cara ini mereka memperkirakan kapan terjadinya zona layak huni planet Bumi.

Diperkirakan, kelompok atom timbal telah terbentuk 1 miliar tahun setelah kristalisasi zircon, dimana waktu peluruhan radioaktif unranium telah membentuk atom yang kemudian menyebar selama periode pemanasan. Kristal zirkon yang terbentuk 4,4 miliar tahun lalu dan 3,4 miliar tahun lalu, semua batuan yang ada pada saat analisis terkonsentrasi diwilayah yang sama.

Analisis formasi, rasio isotop dan ukuran rumpun (kurang dari 50 atom diameter) pada dasarnya memverifikasi bahwa metode Geochronology yang ada telah memberikan perkiraan akurat. Selain itu tim peneliti juga mengukur rasio isotop oksigen yang memberi bukti homogenisasi awal dan disusul pendinginan permukaan planet Bumi.

Zona Layak Huni, planet bumi

Menurut Valley sebelum pembentukan zona layak huni, Bumi tercipta dari multi materi heterogen dari tata surya, Bumi Awal mengalami pemboman intensif akibat tabrakan meteor dipermukaan, termasuk tabrakan Bumi dengan benda angkasa seukuran planet Mars sekitar 4,5 miliar tahun lalu. Akibat tabrakan benda besar maka tercipta Bulan, pencairan terjadi dan Bumi homogen. Sementara sampel kristal zircon terbentuk setelah lautan magma mendingin, sesuai dugaan teori tersebut.

Referensi


Oldest bit of crust firms up idea of a cool early Earth, 23 February 2014, by University of Wisconsin-Madison. journal ref: Hadean age for a post-magma-ocean zircon confirmed by atom-probe tomography. Nature Geoscience, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.