Ads Top

Oksigen Bumi Membentuk Atmosfer Sejak 2,3 Miliar Tahun Lalu


Kadar oksigen di bumi jauh lebih rendah sekitar satu miliar tahun yang lalu oleh karena masa stabilitas kimia yang luar biasa di laut dan atmosfer. Pada saat ini merupakan bagian terpenting dalam sejarah bumi yang mungkin bisa menjelaskan rendahnya ragam organisme eukariotik dan tidak ada hewan.

Studi yang dilakukan tim peneliti University of California menentang pandangan konvensional dalam menjelaskan oksigen pada awal kehidupan Bumi, konsentrasi oksigen bumi bukan dinamis atau tidak naik dan turun selama miliaran tahun. Pandangan ilmuwan menjelaskan cara berpikir tentang akumulasi oksigen di atmosfer yang secara biologis dianggap paling penting dalam sejarah kehidupan bumi.

Kadar Oksigen Bumi Membentuk Atmosfer Awal


Konsensus umum menyatakan bahwa oksigen pertama terakumulasi di atmosfer bumi sekitar 2,3 miliar tahun yang lalu selama masa Great Oxidation Event. Tetapi gambaran baru ilmuwan UC menegaskan, produksi oksigen yang dihasilkan Cyanobacteria fotosintesis mungkin telah dimulai sejak 3 miliar tahun yang lalu dengan konsentrasi oksigen di atmosfer berpotensi naik dan turun selama ratusan juta tahun. 

Atmosfer Bumi, oksigen bumi

Timothy W Lyons mengatakan, ada data yang menunjukkan proses produksi oksigen dan akumulasi di laut, atmosfer, sebelum terjadinya Great Oxidation Event. Serangkaian proses diyakini berinteraksi yang dipertahankan pada tingkat sangat rendah, terutama ketersediaan modulasi nutrisi untuk mempertahankan hidup di laut. Sehingga dengan demikian aktifitas fotosintesis berlangsung dan menghasilkan oksigen di bumi. 
Setelah oksigen bumi membentuk pondasi yang kuat di atmosfer sekitar 2,3 miliar tahun lalu, kemungkinan oksigen berubah pada konsentrasi tinggi yang berpotensi seperti yang terlihat pada hari ini. Sebagian kecil oksigen turun dari tingkat atmosfer dan laut tetap menjadi sumber oksigen bebas selam lebih dari satu miliar tahun, situasi ini merupakan masa stabilitas kimia luar biasa di laut dan atmosfer. 
Akhir periode Proterozoic dimulai kurang dari satu miliar tahun lalu, setelah masa ini tingkat oksigen bumi sangat berbeda ditandai dengan peristiwa iklim ekstrim dalam skala global, kelimpahan oksigen, dan munculnya diversifikasi hewan paling awal. Beberapa faktor mengendalikan munculnya hewan termasuk kenaikan konsentrasi oksigen di atmosfer memicu wilayah seluruh dunia.

Timothy berpendapat, meskipun ide baru mengungkap asal usul hewan, mereka menduga bahwa kenaikan oksigen bumi memainkan peran besar jika tidak dominan pada waktu itu, dan berikutnya muncul ekologi kompleks untuk kehidupan hewan dan sedimen. Tidak ada faktor tunggal yang mempengaruhi keseluruhan analisis perubahan oksigen bumi pada zaman Proterozoic akhir. Sejarah oksigen di bumi tampaknya jauh lebih lama dan lebih dinamis daripada perkiraan sebelumnya.

Referensi


The ups and downs of early atmospheric oxygen, 19 February 2014, by University of California - Riverside via EurekAlert. Journal ref: The rise of oxygen in Earth’s early ocean and atmosphere. Nature, 2014. Image courtesy of NASA Earth Observatory.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.