Ads Top

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari Dan Hidrogen


Saat ini, pembangkit listrik tenaga panas matahari tidak hanya mampu mengubah sinar matahari menjadi energi. Tetapi pengembangan energi matahari juga mampu mendorong reaksi pembuatan sumber energi seperti bahan bakar hidrogen yang nantinya bisa digunakan untuk mobil listrik, truk dan kereta api. Solusi baru ini nantinya menjadi sumber energi terbarukan di masa depan.

Produksi pembangkit listrik tenaga panas matahari (solar) sering terkendala dengan biaya produksi semikonduktor penangkap panas matahari dan katalis penghasil bahan bakar. Matahari sebagai bahan baku energi lisrik yang paling efisien pada kenyataannya terlalu mahal untuk menghasilkan bahan bakar hidrogen dan harganya bisa bersaing dengan bensin. Menurut Kyoung-Shin Choi, profesor kimia University of Wisconsin - Madison, perhitungan komersial bahan dan biaya pembuatan bahan bakar hidrogen harus dikurangi secara signifikan, sementara efisiensi konvensi penggunaan pembangkit listrik tenaga batubara seharusnya berpindah pada penggunaan energi surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari


Bahan bakar hidrogen adalah bahan bakar tanpa emisi yang menggunakan sel elektrokimia atau pembakaran terjadi dalam mesin internal digunakan pada kendaraan listrik dan perangkat listrik. Bahan bakar hidrogen juga digunakan pada propulsi pesawat ruang angkasa dan berpotensi dapat diproduksi secara massal dan dikomersialkan untuk kendaraan dan pesawat. Pembakaran dalam mesin memungkinkan hidrogen bertindak sebagai bahan bakar, tapi juga bisa sebagai pembawa energi seperti listrik dan bukan sumber energi. 
Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal Science, para ilmuwan menyarankan solusi bahan baku murah berbasis oksida untuk memisahkan air menjadi gas hidrogen dan oksigen menggunakan energi surya. Efisiensi konvensi energi surya pada hidrogen sebesar 1,7 persen dan temuan ini tertinggi dalam sistem Photoelectrode berbasis oksida. 
Choi membuat sel surya dari Bismuth Vanadate menggunakan elektrodeposisi (proses yang sama digunakan untuk membuat perhiasan berlapis emas atau coat permukaan body mobil) untuk meningkatkan luas permukaan senyawa sebesar 32 meter persegi per gram.

Bahan Bakar Hidrogen, Sel Surya

Menurutnya, pembuatan bahan bakar hidrogen tanpa peralatan mewah, pada suhu atau tekanan tinggi dia membuat semikonduktor partikel nanoporous sangat kecil yang memiliki permukaan lebar. Permukaan lebih luas mengisyaratkan bidang kontak lebih banyak dengan air sehingga pemisahan air lebih efisien. Bismuth Vanadate dimasukkan kedalamnya dan akan mempercepat reaksi yang menghasilkan bahan bakar hidrogen.

Dalam pengembangan semikonduktor fotolistrik, banyak ilmuwan mengembangkan katalis pemisah air yang sebenarnya hanya membutuhkan perhatian khusus pada persimpangan semikonduktor. Efisiensi semikonduktor terbaik didunia dan katalis terbaik didunia dapat dibatasi antarmuka dimana keduanya harus ditempatkan secara bersama. 

Dengan menggabungkan katalis dengan nanoporus, luas permukaan elektroda semikonduktor menghasilkan perangkat murah pada semua oksida berbasis sistem photoelectrode dengan rekor efisiensi tertinggi. Energi dapat tercipta dari bahan bakar sel dan menghasilkan listrik dan panas, atau dibakar ketika menjalankan mesin pembangkit listrik tenaga panas matahari. Bahan bakar hidrogen dikombinasikan dengan oksigen untuk membentuk air, panas hidrogen merupakan emisi radiasi dari molekul air yang baru terbentuk. 

Referensi


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.