Ads Top


Bagaimana Struktur Permukaan Dan Internal Asteroid?

Bagaimana struktur permukaan dan internal asteroid? Selama ini astronom hanya mendapatkan gambaran teleskop dan rekaman asteroid memancarkan panas. Ada juga jenis asteroid yang berputar-putar (berotasi) diluar angkasa dan bersinar terang, tetapi ilmuwan sebenarnya tidak mengetahui struktur permukaan dan internal asteroid.

Dengan menggunakan teknologi telekop terkini milik ESO, ilmuwan menemukan bukti pertama menjelaskan bahwa asteroid dapat memiliki struktur internal yang sangat bervariasi. Penelitian ini telah melewati masa percobaan dan pengukuran tepat, dimana bagian yang berbeda dari asteroid Itokawa memiliki kerapatan berbeda.

Anatomi, Struktur Permukaan Dan Internal Asteroid


Penelitian ini tidak hanya mengungkapkan rahasia tentang asal usul pembentukan asteroid, tetapi juga telah membantu landskap permukaan dan interior asteroid. Serta apa yang akan terjadi jika asteroid bertabrakan di sistem tata surya kita, atau mungkin bisa mengungkap misteri terbentuknya planet. Tim ilmuwan yang dipimpin Stephen Lowry dari University of Kent mengukur kecepatan asteroid Itokawa yang saat ini berada dekat dengan Bumi.

Asteroid Itokawa (25143), sebuah benda yang berputar-putar di ruang angkasa dimana pada saat ini tim ilmuwan tengah melanjutkan pengukuran. Tingkat perputaran asteorid Itokawa berubah dari waktu ke waktu, sehingga ilmuwan menggabungkan pangamatan teleskop dengan teoritis yang akan mengungkap pancaran panas dari asteroid. Asteroid Itokawa tergolong berukuran kecil, dan ini merupakan subjek menarik karena bentuknya mirip dengan kacang sejak pertama kali ditemukan.

struktur permukaan asteroid, internal Asteroid Itokawa

Dalam penyelidikan struktur internal asteroid Itokawa, tim ilmuwan menggunakan gambar yang dikumpulkan sejak tahun 2001 hingga 2013. Pengumpulan gambar ini untuk mengukur variasi kecerahan, kemudian digunakan untuk menyimpulkan periode perputaran asteroid dan bagaimana benda ini berubah dari waktu ke waktu. Disaat inilah ilmuwan mengungkap kompleksitas dalam inti asteroid untuk pertama kali.
Ini merupakan penelitian pertama kali dalam sejarah astronomi, dimana ilmuwan berhasil mengukur struktur permukaan dan internal asteroid serta menentukan inti dalamnya.
Asteroid Itokawa diyakini memiliki struktur ganda, sehingga temuan ini merupakan langkah signifikan untuk lebih memahami benda berbatu yang tersebar di sistem tata surya kita. Perputaran asteroid dan benda kecil lainnya di ruang angkasa sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Fenomena ini dikenal dengan efek YORP (Yarkovsky-O'Keefe-Radzievskii-Paddack) yang bisa saja terjadi ketika cahaya yang terserap dipancarkan pada permukaan objek dalam bentuk panas.

Pada saat mengalami YORP, bentuk dan suhu asteroid diperkirakan tidak teratur sehingga panas tidak dipancarkan merata. Proses ini justru menciptakan pancaran kecul tapi terjadi secara terus menerus dan merubah tingkat perputaran (spin). Perubahan periode rotasi mungkin berkisar 0.045 detik per tahun, memang sangat kecil. Dan uniknya asteroid Itokawa memiliki bentuk kacang dan terdiri dari dua bagian dengan kerapatan berbeda.

Sifat interior asteroid hanya bisa disimpulkan menggunakan keceluruhan pengukuran, sehingga spekulasi pembentukan asteroid beragam. Salah satu kemungkinan menyebutkan bahwa asteroid Itokawa terbentuk dari dua komponen benda angkasa, atau asteroid bertemu dalam lintasan yang sama dan kemudian bergabung. Tetapi pertemuan dua benda ini bukan merupakan tabrakan, melainkan saling tarik menarik.

Hasil analisis ini menyebutkan kepadatan internal asteroid Itokawa bervariasi antara 1750 kilogram dan 2850 kilogram per meter kubik. Kedua perhitungan kepadatan tersebut mengacu pada dua struktur permukaan asteriod terlihat berpisah. Asteroid tidak memiliki interior homogen dan memiliki implikasi luas terutama dalam model pembentukan asteroid biner. Penelitian ini setidaknya bisa membantu mengurangi bahaya tabrakan asteroid dengan Bumi dimasa mendatang khususnya tahun 2040, dan bagaimana merencanakan perjalanan ruang angkasa di wilayah berbatu.

Referensi


The Anatomy of an Asteroid, 05 February 2014 by European Southern Observatory (ESO). Jurnal ref: The internal structure of asteroid (25143) Itokawa as revealed by detection of YORP spin-up. Astronomy & Astrophysics, 2014.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.