Ads Top


Raja Dinosaurus Sebelum T Rex, Siats Meekerorum

Baru-baru ini ditemukan ditemukan spesis baru raja dinosaurus sebelum T Rex di wilayah Amerika Utara, Siats Meekerorum. Spesis ini di duga temasuk tiga terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Utara sebagai hewan karnivora, mereka hidup dan bersaing bersama dengan spesis Tyrannosaurus rex bertubuh kecil yang hidup sekitar 98 juta tahun lalu. 

Sebelumnya, dugaan T.Rex sebagai raja dinosaurus mungkin sering kita lihat dalam film-film, dimana tyrannosaurus bersifat agresif dan hampir semua mangsanya lari ketakutan. Tapi ternyata sebelum T.Rex menguasai puncak predator dinosaurus, sudah ada predator lain yang menguasainya dimana kedua sepesis ini saling berkompetisi mempertahankan kehidupan. Di era Siats Meekerorum, T.Rex bukan menjadi raja karena dia merupakan sepesis awal yang nantinya akan memimpin puncak predator setelah 30 juta tahun kemudian.

Siats Meekerorum merupakan predator teratas dimasa-masa Tyrannosaurus Rex (T.Rex) selama jutaan tahun. Hewan ini merupakan spesis Carcharodontosaur, sekelompok raksasa pemakan daging yang mencakup beberapa dinosaurus predator terbesar yang pernah ditemukan. Satu-satunya Carcharodontosaur lain yang dikenal berasal dari wilayah Amerika Utara adalah Acrocanthosaurus, spesis ini berkeliaran lebih dari 10 juta tahun di Amerika Utara.

Siats Meekerorum, Raja Dinosaurus 


Siats Meekerorum merupakan spesis kedua yang ditemukan setelah Acrocanthosaurus ditemukan pada tahun 1950 diwilayah Amerika Utara. Lindsay Zanno, seorang ahli palentologi North Carolina State University, menemukan tulang-tulang atau kerangka parsial Siats disebuah lereng bukit formasi Cedar Mountain Utah pada tahun 2008. Nama Meeker diambil atas dukungan ahli palentologi awal dari Field Museum, termasuk Zanno.

Siats Meekerorum, dinosaurus predator

Raja dinosaurus Spesimen Siats Meekerorum yang ditemukan mungkin berukuran lebih dari 30 meter dengan bobot setidaknya 4 ton. Meskipun ukurannya tergolong raksasa, tulang belulang yang telah ditemukan tergolong usia remaja. Zanno dan Makovicky berpendapat bahwa Siats Meekerorum dewasa mungkin akan mencapai ukuran Acrocanthosaurus. Artinya, kedua spesis ini bersaing hidup karena mereka predator terbesar kedua yang pernah ditemukan di Amerika Utara. Sementara Tyrannosaurus menempati posisi pertama diperkirakan memiliki bobot dua kali ukuran mereka, dan muncul 30 juta tahun kemudian.

Siats Meekerorum merupakan sub kelompok Neovenatorids, spesis ini bertubuh lebih ramping. Sementara Neovenatorids ditemukan di Eropa, Amerika Selatan, Cina, Jepang dan Australia. Tetapi Siats Meekerorum merupakan sub kelompok Neovenatorids yang pertama ditemukan di Amerika Utara. Menurut para peneliti, Siats Meekerorum telah mengisi kesenjangan lebih dari 30 tahun dalam catatan fosil, selama waktu itu predator puncak berpindah tangan dari Carcharodontosaurus hingga akhirnya berada pada Tyrannosaurus yang hidup di zaman Kapur Akhir.

Pada saat Siats Meekerorum memimpin rantai makanan teratas sebagai Raja dinosaurus, diperkirakan tanah di wilayah ini subur dengan vegetasi berlimpah, dan air mendukung berbagai tanaman untuk makanan dinosaurus, kura-kura, buaya, dan ikan Lungfish raksasa pernah hidup bersamanya. Predator lainnya juga dihuni pada ekosistem ini termasuk Tyrannosaurus awal dan beberapa spesis dinosaurus berbulu lainnya yang belum bisa dijelaskan oleh tim peneliti.

Kurangnya temuan fosil Siats Meekerorum membuat tim peneliti yakin tentang perubahan yang terjadi, dan jika Tyrannosaurus hanya mampu memegang peran predator puncak setelah kepunahan Carcharodontosaurus. Penelitian spesis Raja dinosaurus Siats Meekerorum didanai oleh North Carolina State University, North Carolina Museum of Natural Sciences dan the Field Museum.

Referensi:



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.