Ads Top


Lapisan Es Greenland Lebih Sedikit 3000 Tahun Lalu

Jika kita melihat lapisan es Greenland saat ini, mungkin yang terpikir bahwa tidak mungkin daratan itu pernah menjadi pantai yang indah seperti daratan tropis. Tapi fakta setelah adanya penelitian mendalam, Greenland pernah memasuki priode dimana air laut terasa hangat seperti yang ada di pantai tropis. 

Baru-baru ini sebuah metode baru diuji untuk mendapatkan informasi tentang lapisan es Greenland yang luasnya jauh lebih sedikit antara 3000 hingga 5000 tahun lalu dibanding saat ini. Metode baru tersebut dikembangkan ilmuwan untuk dapat menentukan seberapa besar lapisan es Greenland di masa lalu.

Analisis Lapisan Es Greenland 


Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini mengukur konsentrasi berbagai bentuk asam amino yang terdapat pada fosil cangkang kerang, setidaknya dapat menentukan usia fosil tersebut. Dari metode ini memungkinkan para imuwan untuk mengetahui kapan priode yang tepat, daratan Greenland tertutup oleh lautan dimana pada waktu itu kerang bisa hidup.

Ketika es menutupi sebagian besar wilayah Greenland, kerang yang hidup mulai terjebak jauh dibawah lapisan es yang tertutup saat ini. Studi ini kemudian mengungkapkan bahwa tingkat lapisan es sebenarnya jauh lebih sedikit sekitar 3000 tahun yang lalu, berbeda dengan kondisi yang ada sekarang dimana lapisan es itu lebih tebal dan lebih luas.

greenland, lapisan es

Sebenarnya para ilmuwan telah mengetahui sejak lama, ada masa dimana zaman es terakhir membuat lapisan es Greenland lebih sedikit dari hari ini, tapi mereka masih tidak tahu persis kapan waktu itu terjadi. Menurut Ole Bennike seorang pakar geologi dari Geological Survey of Denmark and Greenland (GEUS), tehnik terbaru yang mereka uji dapat melihat periode terjadinya lapisan es yang jauh lebih sedikit tersebut, mereka menduga bahwa lapisan es Greenland tidak setebal sekarang sekitar 5000 tahun lalu.

Sejak masa itu, lapisan es Greenland akan mencapai titik dimana penurunan dalam ukuran nantinya tidak akan kembali seperti semula. Gambaran lapsian es ini ternyata lebih kuat daripada perkiraan sebelumnya. Kemudian lapisan es mulai tumbuh secara perlahan ketika cuaca telah berganti dingin, proses ini cukup panjang karena semua model iklim akan meningkat di masa selanjutnya.

Dari priode waktu yang ditentukan tersebut, 3000 hingga 5000 tahun yang lalu merupakan priode konsisten dengan analisis inti sedimen laut menunjukkan periode waktu yang terjadi sama. Jadi, mungkin saja air laut pada waktu itu lebih hangat di pantai Barat Greenland yang memiliki dampak terbesar pada lapisan es. Hasil analisa para ilmuwan menyebutkan bahwa iklim disekitar Greenland menjadi lebih hangat menjelang akhir periode Glasial terakhir, sekitar 10,000 tahun yang lalu.

Priode Glasial akhir merupakan waktu yang tepat dimana daratan es menyusut ke ukuran terkecil, tapi para ilmuwan masih tetap tidak mengetahui waktu yang pasti. Studi ini tidak hanya menambah wawasan dalam sejarah lapisan es Greenland, setidaknya memberikan gambaran kepada peneliti untuk dapat menggunakan fragmen dengan cara yang jauh lebih murah daripada menggunakan penanggalan radiokarbon.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.