Ads Top


Hiu Gergaji Pristiophorus Lanae, Spesis Baru Dari Kepulauan Filipina

Spesis baru yang ditemukan ilmuwan, Pristiophorus Lanae, dikenal dengan Hiu Gergaji atau Todak (Sawsharks) merupakan salah satu keluarga Pristiophodae, pertama kali muncul dalam catatan fosil Cretaceous di Lebanon sekitar 90 juta tahun yang lalu. 

Hiu gergaji Pristiophorus Lanae merupakan spesis baru kelompok kecil ikan hiu yang biasa hidup di laut dangkal, jenis Pristiophorus Lanae mudah dikenali dengan mulut seperti sepasang sungut panjang, memiliki dua sirip punggung, tidak ada sirip dubur dan mulut lebih pendek serta gigi kecil di kedua rahangnya.

Spesis Baru Hiu Gergaji, Pristiophorus Lanae


Hiu gergaji merupakan evolusi dari hiu primitif yang sudah punah, beberapa keluarga hiu gergaji menunjukkan beragam model tubuh. Sejauh ini sepesis keluarga Pristidae diperkirakan hidup sejak priode Eosen, 56 juta tahun yang lalu. Spesis hiu gergaji juga mampu hidup diperairan tropis dan subtropis di seluruh pesisir dunia termasuk di muara antara lautan dan sungai. Salah satu jeni hiu gergaji hidup di danau Sentani yang populer disebut sebagai hiu sentani (Largetooth Jawfish), mereka hidup dan berkembang di air tawar secara ovovipar. Selain itu, spesisi ini juga terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih

Terkadang hiu gergaji (Sawshark) sulit dibedakan dengan ikan gergaji (Sawfishes) karena bentuk moncong yang dimiliki kedua spesis ini hampir mirip. Salah satu yang membedakan mungkin terlihat dari insang berada di sisi kepala dan tidak memiliki sepasang sungut, sementara ikan gergaji memiliki insang dibawah. Genus Pilotrema memiliki insang enam celah sementara Pristiophorus biasanya memiliki lima celah. 

Pada umumnya, gigi hiu gergaji biasanya memiliki struktur susunan besar dan kecil secara bergantian. Makanan mereka biasanya ikan yang lebih kecil, cumi-cumi. dan krustasea, mengarungi bawah laut dan menggunakan sungut untuk mendeteksi mangsa yang berada dalam lumpur atau pasir. Tehnik memangsa ini sangat unik, setelah mendeteksi keberadaan makanan kemudian dilanjutkan dengan memukul mangsa dengan sisi moncong gergaji hingga melumpuhkan mangsanya., terkesan seperti mencabik.

hiu gergaji, todak, Pristiophorus Lanae

Nama spesis hiu gergaji Pristiophorus Lanae diambil dari nama Lana Ebert, seorang lulusan University of San Fransisco. Hiu gergaji Pristiophorus Lanae diperkirakan panjangnya berukuran 80-85 cm, hal ini terlihat dari tujuh spesimen yang tertangkap di Zamboanguita, Pulau Apo-Negros, Luzon selatan Balayan Bay dan Teluk Ragay Kepulauan Filipina. Tubuh lebih terlihat ramping dimana spesifikasi ini membedakannya dari spesis lain, dan kombinasi karakter relatif panjang. Sementara sungut terlihat lebih dekat ke ujung belakang sirip dada. Warna khas hius gergaji Pristiophorus Lanae adalah coklat gelap dan bagian bawah terlihat agak lebih terang, tidak ada bar atau bercak dan tanda khas lainnya.

Nama umum ikan hiu gergaji diperkirakan ada tujuh spesis diseluruh dunia yang hidup hingga hari ini dengan beberapa spesis yang muncul sangat mirip satu sama lain. Kelompok ini sedang ditinjau secara taksonomi dan jumlah total spesis diperkirakan akan semakin berkurang pada dekade mendatang. Dalam penelitian sejauh ini, ukuran terpanjang hiu gergaji mencapai 7,3 meter dan pada umumnya rata-rata memiliki panjang tubuh sekitar 5 meter.

Ikan hiu gergaji bergigi kecil pernah ditemukan disepanjang lepas pantai tenggara Amerika Serikat dan wilayah selatan Teluk Meksiko. Tetapi karena ikan hiu gergaji gigi kecil kini hanya bisa ditemukan pada pantai Atlantik dan Teluk Florida. Spesis lain juga ditemukan di perairan Amerika, diantaranya ikan hiu gergaji gigi besar yang berbatasan dengan teluk Meksiko.

Sebagian besar hiu gergaji berada di perairan Afrika Selatan hingga Australia dan Jepang, mereka hidup dikedalaman 40 meter. Pada tahun 1960, hiu gergaji pernah ditemukan diperairan yang lebih dalam, berkisar 640 meter hingga 915 meter di wilayah pantai barat laut Karibia (Bahama).

Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.